BCC Beri Tips Memilih Tempat Magang

0 33

Bogor, BSINews–BCC beri tips memilih tempat magang pada mahasiswa. Memasuki semester ganjil 2023/2024 berbagai persiapan dilakukan beberapa program studi (prodi) demi tercapainya kualitas pembelajaran yang sudah direncanakan.

Hal ini juga dilaksanakan oleh prodi Sistem Informasi Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) Kampus Kota Bogor dalam menghadapi program Magang/PKL yang akan dilaksanakan oleh mahasiswa/i semester 5.

Baca juga: BCC dan PT CTI Group Gelar Webinar How to Ace Interview & CV Making

BCC Beri Tips Memilih Tempat Magang

Adapun persiapan dalam menghadapi program Magang/PKL ini dalam bentuk sosialisasi yang bertajuk “Sosialisasi Sistem Praktik Kerja Terpadu (SIPADU) Prodi Sistem Informasi Kampus Bogor” yang diselenggarakan secara daring, pada Kamis(24/8) silam.

Kegiatan ini dihadiri oleh ketua prodi (kaprodi) Sistem Informasi Universitas BSI Kampus Bogor, Dewi Ayu Nur Wulandari yang saat itu juga menjadi narasumber pertama dan narasumber ke-2 Dini Nurlaela selaku dosen Universitas BSI sekaligus sebagai kordinator BSI Career Center (BCC) Kampus Kota Bogor, serta dipandu oleh Sunarti selaku moderator.

Dewi Ayu Nur Wulandari menyampaikan bahwa Magang/PKL ini merupakan kegiatan yang dilakukan sebagai bagian dari kurikulum yang sudah ditetapkan oleh prodi untuk mahasiswa yang akan menempuh semester 5.

“Program ini dimaksudkan untuk belajar atau mencari pengalaman praktisi di dunia industri sebagai upaya mendapat pengalaman yang dapat digunakan di kemudian hari dalam mengisi potrofolio diri,” terangnya.

Ia juga menyampaikan dalam prosesnya, banyak hal yang harus diperhatikan dalam menjalankan magang, dimana mahasiswa ketika mengawali proses magang harus disertai dengan pengajuan proposal dan surat pengantar dari universitas  sehingga mitra perusahaan dapat memahami alur dan siklus pembelajaran yang diinginkan.

“Setelah proses magang selesai tak lupa mahasiswa diwajibkan untuk membuat laporan magang/pkl yang dilengkapi dengan sertifikat atau surat keterangan magang yang dikeluarkan oleh mitra perusahaan serta form penilaian yang diisi oleh mentor, pelaporan dilakukan dengan mengunggah seluruh dokumen kedalam laman http://pkl.bsi.ac.id pada tanggal yang sudah ditentukan,” paparnya.

Sementara itu, Dini Nurlaela, selaku narasumber kedua menjelaskan fungsi dan peran BCC beri tips bagi mahasiswa/i yang akan magang, dimana mahasiswa/i dapat memanfaatkan program kerja BCC pada sektor magang dalam bentuk penyebaran informasi kebutuhan magang yang selalu diberikan setiap hari atas permintaan perusahaan mitra yang sudah bekerjasama.

“BCC hadir sebagai jembatan untuk mahasiswa/i serta Alumni dalam meraih karier masa depannya juga BCC beri tips Magang agar membawa dampak besar bagi mahasiswa khususnya dalam keterserapan di dunia kerja yang jauh lebih cepat dibanding mahasiswa yang tidak memiliki pengalaman magang,” katanya.

Baca juga: BCC Universitas BSI Akan Bagikan Trik Sukses Membuat CV dan Lolos Interview Kerja

Dini juga menyampaikan bahwa magang merupakan peluang untuk belajar dan tumbuh, agar tumbuh ditempat yang tepat, BCC beri tips yang mungkin bisa dijalani yaitu tetapkan tujuan melakukan magang, hal itu membantu kita sebagai mahasiswa magang dalam menentukan langkah apa saja yang harus dilakukan.

“Lakukan riset perusahaan, hal ini meliputi lokasi perusahaan, fasilitas dan sarana prasarana  serta pertimbangkan masa magang di setiap perusahaan apakah sudah sesuai atau belum dengan yang ditetapkan oleh program studi,” tegasnya. (UMF)

Leave A Reply

Your email address will not be published.