Pertemuan Unit Pengembangan Akademik (UPA) Prodi Manajemen Universitas BSI

0 25

BSINews, Jakarta-Persiapan menyambut Semester Ganjil 2023/2024 di lingkungan Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) khususnya Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) tengah gencar dilakukan oleh masing-masing Program Studi (PRODI) didalamnya. Salah satunya seperti yang dilakukan oleh prodi Manajemen yang baru-baru ini menggelar Rapat Kerja (RAKER) Unit Pengembangan Akademik (UPA), Kamis (07/09/2023) secara daring melalui Zoom Meeting.

Baca Juga: Unit Pengembangan Akademik Program Studi Sistem Informasi Akuntansi Menggelar Rapat Strategis untuk Peningkatan Mutu Pendidikan

Kegiatan ini menghadirkan narasumber Sofyan Marwansyah  selaku dosen Manajemen Universitas BSI dan dihadiri oleh para dosen anggota UPA Prodi Manajemen.

Sofyan Marwansyah menjelaskan bahwa maksud dari RAKER UPA yaitu untuk mengevaluasi bahan ajar beserta perangkatnya, serta penyampaian informasi seputar akademik lainnya.

“Evaluasi akademik di Program Studi Manajemen adalah dasar perbaikan pendidikan tinggi. Ini membantu mengidentifikasi kelemahan dan kekuatan, meningkatkan kurikulum, pengajaran, dan relevansi dengan tuntutan pasar kerja, serta membangun kepercayaan masyarakat. Fokus pada evaluasi akademik memungkinkan peningkatan berkelanjutan dalam kualitas pendidikan dan persiapan mahasiswa dalam dunia manajemen, “ jelas Sofyan dalam keterangan rilis Kamis, (7/9/23).

Ia juga menambahkan Penting bagi para dosen yang mengampu mata kuliah Memahami persiapan kelengkapan bahan ajar, seperti modul praktek dan video pembelajaran, karena hal ini memiliki beberapa alasan yang esensial. Pertama, dengan memastikan bahwa bahan ajar yang disiapkan sesuai dengan RPS (Rencana Pembelajaran Semester), Silabus, dan RTM (Rencana Tata Mata Kuliah), para dosen dapat memastikan bahwa materi pembelajaran yang disampaikan kepada mahasiswa selaras dengan standar akademik yang telah ditetapkan oleh institusi pendidikan.

Baca Juga: Rapat Unit Pengembangan Akademik Tingkatkan Mutu Mahasiswa Menjadi Agenda Utama

“Hasil rapat kerja (raker) membahas tentang memberikan peningkatan pemahaman kepada dosen Unit Pengembangan Akademik (UPA) terkait dengan Visi dan Misi dalam mengembangkan aspek akademik Program Studi Manajemen. Terutama, pembahasan berkaitan dengan persiapan administratif dalam pengajaran, seperti penyusunan RPS, Silabus, RTM, Modul, serta berbagai media pembelajaran lainnya,” tutupnya.(RDX)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.