Prodi Manajemen Lakukan Evaluasi Akademik

0 78

Jakarta, BSINews–Prodi Manajemen lakukan evaluasi akademik guna sambut persiapan Semester Ganjil 2023/2024 di lingkungan Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) khususnya Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB).

Salah satunya, seperti yang dilakukan oleh prodi Manajemen yang baru-baru ini menggelar Rapat Kerja (RAKER) Unit Pengembangan Akademik (UPA), Kamis (7/9/2023) secara daring. Acara yang dibawakan oleh Moderator yaitu Alan Budi Kusuma.

Pemaparan materi yaitu Sofyan Marwansyah dan dihadiri oleh 23 orang dosen anggota UPA Prodi Manajemen.

Baca juga: Prodi Sistem Informasi Akuntansi Universitas BSI Gelar Sosialisasi PKL

Prodi Manajemen Lakukan Evaluasi Akademik

Sofyan menerangkan maksud dari RAKER UPA yaitu untuk mengevaluasi bahan ajar beserta perangkatnya, serta penyampaian informasi seputar akademik lainnya.

“Evaluasi akademik di Prodi Manajemen adalah dasar perbaikan pendidikan tinggi. Hal ini membantu mengidentifikasi kelemahan dan kekuatan, meningkatkan kurikulum, pengajaran, dan relevansi dengan tuntutan pasar kerja, serta membangun kepercayaan masyarakat,” terangnya.

Ia menyampaikan fokus pada evaluasi akademik memungkinkan peningkatan berkelanjutan dalam kualitas pendidikan dan persiapan mahasiswa dalam dunia manajemen.

“UPA memegang peran sentral dalam meningkatkan kualitas pendidikan di sebuah institusi pendidikan,” tegasnya.

Karena Unit ini, katanya bertanggung jawab untuk merancang dan mengelola program pengembangan dosen, mengevaluasi kurikulum, dan memfasilitasi inovasi dalam metode pengajaran.

“Dengan mendukung pengembangan profesional dosen, memastikan relevansi kurikulum, dan mendorong implementasi praktik terbaik dalam pengajaran, Unit Pengembangan Akademik membantu meningkatkan pengalaman belajar mahasiswa dan menjaga akreditasi institusi terutama di Universitas BSI,” papar Sofyan.

Selain itu, ujarnya unit ini memainkan peran penting dalam memastikan bahwa institusi pendidikan tetap responsif terhadap perubahan dalam dunia pendidikan dan tuntutan pasar kerja yang terus berkembang.

Baca juga: Buktikan Kualitas Lulusan, Prodi Manajemen Pajak Gelar Uji Sertifikasi Untuk Mahasiswanya

“Mengerti pemetaan kurikulum menjadi hal yang sangat esensial, terutama bagi dosen yang memiliki bidang keilmuan yang sesuai dengan mata kuliah yang mereka ajarkan. Ini memungkinkan dosen untuk memberikan pemahaman yang lebih baik kepada mahasiswa mereka, dan juga memberikan pentingnya dalam memahami minat dan kemampuan mahasiswa dalam bidang yang sesuai,” bebernya.

Ia juga menyampaikan penting bagi para dosen yang mengampu mata kuliah Memahami persiapan kelengkapan bahan ajar, seperti modul praktek dan video pembelajaran, karena hal ini memiliki beberapa alasan yang esensial.

“Pertama, dengan memastikan bahwa bahan ajar yang disiapkan sesuai dengan RPS (Rencana Pembelajaran Semester), Silabus, dan RTM (Rencana Tata Mata Kuliah), para dosen dapat memastikan bahwa materi pembelajaran yang disampaikan kepada mahasiswa selaras dengan standar akademik yang telah ditetapkan oleh institusi pendidikan,” ungkapnya. (UMF)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.