Prodi RPL Universitas BSI Gelar Pelatihan Internet of Things (IoT) untuk Dosen

0 37

Jakarta, BSINews — Dalam rangka menyiapkan semester gasal 2023/2024, program studi (prodi) Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) Kampus Digital Kreatif Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) sukses menggelar kegiatan pengenalan dan pelatihan penggunaan Internet of Things (IoT) untuk dosen. Kegiatan ini berhasil dilaksanakan secara luring, pada Kamis (7/9/2023).

Baca juga : Bantu Dosen Penasehat Akademik Dalam Membimbing Mahasiswa Laksankan PKL, Prodi RPL Universitas BSI Sukses Laksanakan Sosialisasi

Ahmad Setiadi selaku ketua program studi (Kaprodi) RPL Universitas BSI dalam sambutannya mengatakan bahwa pengenalan dan pelatihan penggunaan IoT dapat menambah pengetahuan dan pengalaman bagi dosen.

“Diharapkan pelatihan IoT ini dapat menambah pengetahuan dan pengalaman bagi dosen prodi RPL Universitas BSI dalam mempersiapkan perkuliahan tahun ajaran 2023/2024. Apalagi Universitas BSI dikenal sebagai Kampus Digital Kreatif, maka hal ini dirasa perlu dilaksanakan,” katanya dalam keterangan rilis, Rabu (13/9/2023).

Prodi RPL Gelar Pelatihan Internet of Things (IoT)

Hadir sebagai narasumber, Rian Septian Anwar yang merupakan dosen Universitas BSI menjelaskan bahwa IoT adalah konsep yang merujuk pada jaringan perangkat fisik atau benda-benda yang terhubung ke internet dan dapat saling berkomunikasi serta berbagi data dengan sendirinya.

“Secara keseluruhan, IoT adalah konsep yang berkembang pesat dan memiliki dampak yang signifikan pada cara kita berinteraksi dengan teknologi, bekerja, bermain, dan hidup sehari-hari. Ia membuka peluang untuk meningkatkan efisiensi, inovasi, dan kenyamanan, tetapi juga memunculkan tantangan terkait dengan keamanan dan privasi yang perlu dikelola dengan hati- hati,” jelas Rian.

Ia juga memaparkan penerapan IoT pada alat sederhana menggunakan platform Blynk. Menurutnya, Blynk merupakan wadah kreatifitas untuk membuat antarmuka grafis untuk proyek yang akan diimplementasikan hanya dengan metode drag and drop widget.

Baca juga : Dosen Universitas BSI Dukung Masyarakat Manfaatkan Internet Of Things (IOT)

“Penggunaannya sangat mudah untuk mengatur semuanya dan dapat dikerjakan dalam waktu kurang dari 5 menit. Blynk tidak terikat pada papan atau module tertentu. Dari platform aplikasi inilah dapat mengontrol apapun dari jarak jauh, dimanapun kita berada dan waktu kapanpun. Dengan catatan terhubung dengan internet dengan koneksi yang stabil dan inilah yang dinamakan dengan sistem IoT,” tutupnya. (LAG)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.