Tips Membuat CV yang Menarik HRD Agar Cepat Accept

0 141

Tasikmalaya, BSINews – Saat mencari pekerjaan, CV yang baik dapat membuat perbedaan besar dalam kesan pertama kepada pihak HRD (Human Resources Department). Membuat CV yang menarik bagi HRD adalah langkah penting dalam mencari pekerjaan. CV yang baik akan memberikan kesan positif pertama.

Gunakan format yang rapi dan mudah diikuti. Gunakan font yang jelas dan ukuran yang sesuai agar mudah dibaca. Gunakan tata letak yang terstruktur dengan bagian-bagian yang jelas seperti informasi pribadi, riwayat pendidikan, pengalaman kerja, keterampilan, dan lainnya.

Baca juga: Kejahatan Phishing Mengancam Keamanan Data Pribadi di Era Digital

CV juga sebaiknya tidak terlalu panjang. Padatkan informasi secara singkat namun informatif. Fokus pada pengalaman dan keterampilan yang relevan dengan posisi yang dilamar. Sorot pencapaian signifikan dalam pengalaman kerja sebelumnya, seperti proyek sukses, penghargaan, atau kontribusi berdampak positif pada perusahaan sebelumnya.

Sesuaikan CV untuk setiap posisi yang lamar. Sertakan kata kunci yang terkait dengan pekerjaan yang diinginkan. Jelaskan secara rinci keterampilan yang dimiliki, baik yang terkait dengan pekerjaan maupun keterampilan lunak seperti komunikasi dan pemecahan masalah.

Gunakan kata kerja kuat seperti “mengelola”, “mengembangkan”, “mencapai”, dan sejenisnya dalam deskripsi pengalaman kerja. Sertakan riwayat pendidikan dengan singkat. Sorotkan gelar yang relevan.

Pastikan informasi kontak, seperti alamat email dan nomor telepon, tercantum dengan benar dan masih aktif. Lampirkan portofolio atau tautan proyek yang relevan. Jika memungkinkan, sertakan referensi yang bisa dihubungi untuk memberikan testimonial.

Periksa tata bahasa, ejaan, dan tata letak. Pastikan tidak ada kesalahan yang tidak perlu dalam CV. Gunakan bahasa formal dan profesional. Hindari bahasa yang terlalu informal atau slang. Jika memiliki pengalaman sukarela, magang, atau kegiatan di luar pekerjaan yang relevan, tambahkan jika memberikan nilai tambah.

Baca juga: Maraknya Kejahatan Phishing melalui Aplikasi Whatsapp: Waspadai Modus Penipuan

Ingatlah bahwa CV merupakan kesempatan pertama untuk memberikan kesan positif tentang diri Anda sebagai kandidat yang potensial. Minta umpan balik dari teman atau profesional yang berpengalaman sebelum mengirim CV Anda ke HRD.

Penulis: Dini Silvi Purnia, Dosen sekaligus Koordinator BSI Career Center Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) Kampus Tasikmalaya(ACH)

Leave A Reply

Your email address will not be published.