Kampus Digital Kreatif Universitas BSI Gelar Bimbingan Teknis Rekognisi Pembelajaran Lampau RPL

0 103

Jakarta, BSINews — Kampus Digital Kreatif Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) sukses menyelenggarakan bimbingan teknis penyelenggaraan Recognition Prior Learning (RPL) atau rekognisi pembelajaran lampau. Kegiatan ini digelar di Hotel Asyana Kemayoran Jakarta, pada tanggal 30-31 Agustus 2023, dengan menghadirkan Dr. Ir. Ahmad Rifandi, M. Sc Certificate IV yang merupakan perwakilan Ditjen Dikti Kemendikbudristek.

Baca juga : Prodi Administrasi Bisnis Gelar Sinkronisasi Kurikulum dengan Dunia Kerja

Fera Nelfianti selaku Kaprodi Administrasi Bisnis Universitas BSI mengatakan bahwa RPL merupakan proses pengakuan atas Capaian Pembelajaran (CP) seseorang yang diperoleh melalui pendidikan formal, informal, dan nonformal atau pengalaman kerja. Pengakuan atas CP ini dimaksudkan untuk menempatkan seseorang pada jenjang kualifikasi sesuai dengan jenjang pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia.

“RPL memungkinkan seseorang melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi dengan waktu lebih singkat, karena konversi pembelajaran lampau dalam SKS. Calon mahasiswa RPL tidak kehilangan capaian pembelajaran yang sudah diperoleh dari pendidikan formal, nonformal, informal dan pengalaman kerja,” kata Fera dalam keterangan rilis, Kamis (14/9/2023).

Universitas BSI Gelar Bimbingan Teknis Rekognisi Pembelajaran Lampau

Ia menambahkan, Universitas BSI mendukung kebijakan pemerintah dalam penerapan program RPL yang ditunjukkan dengan terbitnya SK pengelola RPL, SK Pedoman Penyelenggaraan RPL, dan SK Peraturan Akademik yang memuat aturan penyelenggaraan RPL di lingkungan Universitas BSI.

“Kebijakan RPL yang diterapkan mencakup dua skema, yakni perolehan kredit dan transfer kredit untuk mahasiswa yang dikenal dengan RPL tipe A. Universitas BSI memenuhi kualifikasi untuk penyelenggaraan RPL tipe A, yakni perguruan tinggi mempunyai akreditasi B atau B Baik Sekali, serta mempunyai 3 prodi Sarjana terakreditasi B dan sudah punya lulusan. Program studi tersebut, yakni Sastra Inggris, Sistem Informasi dan Ilmu Komputer Universitas BSI kampus Sukabumi,” imbuh Fera.

Baca juga : Jurnal Reputasi Program Studi RPL Meraih Akreditasi SINTA 5

Lanjutnya, manfaat dari kegiatan ini untuk memberikan dan pelatihan dalam meningkatkan kapasitas pengelolaan RPL dan juga pemahaman yang komprehensif pada setiap prodi dalam mengimplementasikan program RPL. Selain itu, memberiakan pelatihan kepada tim asesor guna melaksanakan asesmen bagi calon mahasiswa RPL dan mempersiapkan prodi untuk menghadapi era pendidikan yang lebih adaptif dan responsif. (LAG)

Leave A Reply

Your email address will not be published.