Prodi Sistem Informasi, Adakan Workshop dan Persamaan Persepsi Matakuliah

0 190

BSINews, Bogor- Periode semester gasal 2023/2024 sudah hampir dekat, Prodi Sistem Informasi Fakultas Teknik dan Informatika Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) mengadakan acara persamaan persipsi matakuliah dan workshop penelitian sistem informasi (11/9/23). Acara dibuka oleh moderator Andriansah, menjelaskan rundown yang dimulai dari pemaparan materi penelitian sistem informasi dilanjutkan dengan workshop penggunaan rapidminer.

Baca Juga: Prodi Sistem Informasi Akuntansi Universitas BSI Kampus Karawang Gelar Persamaan Persepsi Matakuliah

Hadir sebagai narasumber pertama Eni Irfiani membawakan materi penelitian sistem informasi dengan menggunakan data mining dan Hilda Amalia yang menyampikan materi workshop aplikasi Rapidminer dalam mengolah dataset, keduannya merupakan dosen Universitas BSI.

Eni Irfiani menyampaikan bahwa ada lima metode yang dapat digunakan oleh mahasiswa dalam menggunakan penelitian sistem informasi yaitu Estimasi, Prediksi/Peramalan, Klasifikasi, Klastering, Asosiasi papar Bu Eni dalam penyampaian materinya.

“Mahasiswa dapat mencari data set yang diambil dari data set organisasi yang kita jadikan obyek penelitian seperti Bank, Rumah Sakit, Industri, Pabrik, Perusahaan Jasa, dll atau dapat juga didapat repositori publik yang disepakati oleh para peneliti data mining,” jelas Eni dalam keterangan tertulis Selasa, (12/9/23).

Sementara itu, Hilda Amalia menjelaskan bahwa penggunaan rapidminer mulai dari mendowload aplikasinya, mengambil dataset, pemilihan atribut data sampai terbentuk klasifikasi yang diinginkan.

“Penggunaan Rapidminer untuk keperluan penelitian sistem informasi sangat trend saat ini, sehingga aplikasi ini bisa diajarkan dengan baik agar Mahasiswa dapat membuat skripsi menggunakan data mining,” tegasnya.

Pada kesempatan yang sama ketua program studi (kaprodi) Sistem informasi menyampaikan pesan, Harapan dengan diadakannya acara ini dosen yang mengajar dapat memahami arah dan tujuan dari matakuiah penelitian sistem informasi yang disampaikan ke mahasiswa.

Baca Juga:Persamaan Persepsi Matakuliah Entrepreneur Untuk Semester Gasal 2020/2021

“Untuk kedepan kualitas materi kuliah akan diisi dengan materi-materi penelitian yang lebih update sehingga dapat meningkatkan mutu lulusan mahasiswa prodi Sistem Informasi,” tutupnya.(RDX)

Leave A Reply

Your email address will not be published.