Tumbuhkan Kesadaran Pentingnya Donor Darah, Universitas BSI Kampus Purwokerto Jalin Kerjasama dengan PMI Kabupaten Banyumas

0 15

Purwokerto, BSINews — Sebagai Kampus Digital Kreatif, Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Purwwokerto terut berkomitmen untuk meningkatkan kesadaran pentingnya donor darah dalam masyarakat. Hal itu yang membuat Universitas BSI kampus Purwokerto menjalin kerjsama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Banyumas, pada Senin (18/9/2023).

Baca juga : Universitas BSI Kampus Purwokerto Kerja Sama dengan PMI dan BNN Dalam Acara PKKMB

Santoso selaku perwakilan dari PMI yang turut memeriahkan kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB), memberikan pemahaman tentang manfaat donor darah dan betapa pentingnya peran masyarakat dalam menjaga ketersediaan darah yang memadai.

“Donor darah merupakan salah satu bentuk kepedulian sosial yang dapat menyelamatkan nyawa. Kegiatan ini tidak hanya memberikan manfaat bagi penerima darah, tapi juga memberikan kepuasan moral kepada para donor. setiap tetes darah yang di donorkan memiliki potensi untuk menyelamatkan nyawa, terutama dalam situasi darurat medis,” jelas Santoso dalam keterangan tertulis.

Ia menambahkan, salah satu point penting yang disoroti adalah ketersediaan darah yang cukup di PMI. Darah adalah komponen penting dalam prosedur medis, seperti operasi, transfusi darah, dan perawatan penyakit kronis, karena itu menjaga ketersediaan darah yang cukup sangat krusial.

Tumbuhkan Kesadaran Pentingnya Donor Darah

Sementara itu, Chandra Kesuma selaku Kepala Kampus Universitas BSI kampus Purwokerto mengatakan bahwa kerjasama antara Universitas BSI dan PMI melibatkan komitmen untuk mengadakan kegiatan donor darah rutin di kampus.

“Dengan harapan dapat memberikan kontribusi yang signifikan untuk ketersediaan darah di wilayah tersebut. Penandatanganan nota kesepahaman antara kedua pihak menjadi bukti komitmen bersama dalam upaya meningkatkan kesadaran tentang pentingnya donor darah,” kata Chandra.

Pentingnya, peran Universitas BSI dalam mendidik mahasiswa, lanjutnya sebagai agen perubahan yang peduli terhadap kesejahteraan masyarakat. Universitas BSI sangat bersemangat untuk berkontribusi positif dalam memberikan ketersediaan darah yang memadai bagi warga Banyumas.

Baca juga : Peran Sentral Perpustakaan Dalam Membentuk Literasi Kampus

“Seminar tentang pentingnya donor darah ini menjadi langkah awal yang signifikan dalam upaya meningkatkan kesadaran pentingnya donor darah di kalangan mahasiswa dan masyarakat luas. Diharapkan, mahasiswa baru Universitas BSI Kampus Purwokerto akan menjadi teladan dan penggerak utama dalam kampanye donor darah, menyelamatkan nyawa sambil memberikan dampak positif yang mendalam dalam masyarakat,” tutupnya. (LAG)

Leave A Reply

Your email address will not be published.