KPP Pratama Cengkareng Bekerjasama dengan Universitas BSI Cengkareng Gelar Tax Go To Campus

0 77

Jakarta, BSINews – Kesadaran pajak merupakan aspek penting dalam pembangunan negara. Untuk memasyarakatkan kesadaran pajak, terutama di kalangan generasi muda dan mahasiswa. KPP Pratama Cengkareng, salah satu kantor pelayanan pajak, berkolaborasi dengan Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Cengkareng dalam acara ‘Tax Go to Campus’.

Tax Go to Campus ini dihadiri oleh puluhan mahasiswa dan Relawan Pajak Universitas BSI kampus Cengkareng pada Selasa, 26 September 2023, pukul 10.00-12.00 WIB, di Universitas BSI kampus Cengkareng.

Baca juga: Mahasiswa Universitas BSI Raih Predikat Relawan Pajak Terbaik

Acara ini dimulai dengan sambutan dari Kepala Kampus Universitas BSI kampus Cengkareng, Hardiyan, ia mengucapkan terima kasih atas kesempatan menjadi tuan rumah acara Tax Go to Campus. Hardiyan berharap bahwa acara ini akan membantu meningkatkan pemahaman mahasiswa tentang perpajakan.

Selanjutnya, Muchamad Yani dari KPP Pratama Cengkareng memberikan sambutan, ia menyebutkan bahwa acara ini merupakan bagian dari upaya KPP Pratama Cengkareng untuk melakukan sosialisasi perpajakan, terutama di lingkungan kampus.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Universitas BSI melalui relawan pajak 2023 yang telah membantu Wajib Pajak dalam memenuhi kewajiban pelaporan SPT PPh di KPP Pratama Cengkareng pada periode 1-31 Maret 2023 lalu,” ujarnya.

Pada acara kali ini, pembicara utama yaitu R. Mahendra Lesmana dan Octavianus Simalinggi. Mereka menjelaskan bahwa 82% pendapatan negara Indonesia berasal dari sektor perpajakan, dengan jumlah mencapai Rp. 2.021,2 Triliun. Oleh karena itu, peningkatan realisasi penerimaan pajak menjadi sangat penting sebagai sumber utama APBN.

“Dalam konteks ini, DJP memiliki tanggung jawab untuk menerima setoran PPh, PPN, PPnBM, dan Bea Materai. Namun, masih banyak wajib pajak yang belum menyadari pentingnya membayar dan melaporkan pajak mereka, sehingga peran mahasiswa dalam memberikan edukasi dan sosialisasi pajak di masyarakat sangat krusial,” ujar Mahendra.

Sementara itu, Octavianus mengatakan bahwa generasi Z saat ini merupakan calon generasi emas yang diproyeksikan akan mendominasi sekitar 60% dari jumlah penduduk pada tahun 2045.

“Jika generasi ini bisa diberdayakan untuk membayar pajak, maka penerimaan negara akan meningkat pesat, dan pembangunan negara akan semakin berkembang,” pungkasnya.

Baca juga: Relawan Pajak Universitas BSI Kampus Cengkareng Ikuti Pajak Bertutur Kanwil DJP Jakarta Barat

Eka Dyah Setyaningsih, selaku Ketua Tax Center Universitas BSI, berharap kerja sama ini dapat berlanjut, terutama melalui program relawan pajak dan acara Tax Go to Campus dengan partisipasi mahasiswa yang lebih banyak di masa depan.

“Hal ini diharapkan akan membantu meningkatkan pemahaman tentang perpajakan di kalangan mahasiswa dan masyarakat pada umumnya,” tandasnya.(ACH)

Leave A Reply

Your email address will not be published.