Mahasiswa Universitas BSI Hibahkan Aplikasi Bantuan Sosial untuk Dinsos Tasikmalaya

0 199

Tasikmalaya, BSINews — Sebagai Kampus Digital Kreatif, Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) terus berkomitmen mengimplementasikan ilmunya kepada masyarakat melalui hibah, pengabdian masyarakat maupun penelitian.

Baca juga : Kolaborasi Dunia Pendidikan Dalam Hibah Pengabdian Masyarakat Berikan Kontribusi Positif

Erlinda Aprityrani Rischalidah dan Nida Murtadoilah yang merupakan mahasiswa Universitas BSI kampus Tasikmalaya telah menghibahkan Aplikasi SIHEBAT kepada Dinas Sosial (Dinsos) kota Tasikmalaya.

Erlinda yang berasal dari program studi (prodi) Sistem Informasi mengatakan SiHebat adalah aplikasi yang dibuat untuk memudahkan kinerja pihak Dinsos. Program aplikasi tersebut terdapat data-data kependudukan dan klasifikasi bantuan untuk Masyarakat secara online.

Mahasiswa Hibahkan Aplikasi Bantuan Sosial

“Ide pembuatan aplikasi ini bermula saat kami melakukan PKL (Praktik Kerja Lapangan) di Diskominfo (Dinas Komunikasi dan Informatika) kota Tasikmalaya. Pada saat itu, kami ingin melakukan riset disana, namun pihak Diskominfo menyarankan kami untuk membuat aplikasi pada Dinsos dikarenakan Dinsos belum memiliki aplikasi,” kata Erlinda dalam keterangan tertulis, Rabu (27/9/2023).

Menanggapi hal ini, Deddy Supriadi selaku ketua program studi (Kaprodi) Sistem Informasi Universitas BSI kampus Tasikmalaya mengungkapkan bahwa aplikasi SiHebat ini merupakan jebolan dari Tugas Akhir yang dibuat oleh mahasiswanya.

Baca juga : Dosen Universitas BSI Kampus Tegal Raih Hibah Puluhan Juta Kemendikbudristek

“Setelah melakukan riset di kantor Dinsos, mereka langsung membuat aplikasi ini yang sangat membantu kinerja staf Dinsos, dan Alhamdulillah aplikasi ini telah kita hibahkan secara langsung kepada pihak Dinsos yang diterima langsung oleh Edi Mulyadi selaku Kepala Sub Bagian TU Dinsos,” tutup Deddy. (LAG)

Leave A Reply

Your email address will not be published.