Dosen Universitas BSI Berikan Edukasi Literasi Media Dalam Mengantisipasi Berita Hoax

0 142

BSINews, Bekasi-Salah satu unsur dalam Tri Dharma Pergurun Tinggi yang menjadi kewajiban dosen adalah pengabdian kepada masyarakat. Terkait dengan hal itu, dosen Universitas BSI (Bina Sarana Informatika), melaksanakan kegiatan Pengabdian Masyarakat (PM) yang dilaksanakan secara offline, Sabtu (23/09/23).

Baca Juga: Pentingnya Edukasi Literasi Media Emansipasi Wanita Muslimah di Era Society 5.0

Ria Yunita selaku ketua pelaksana PM dibantu dengan Sultan Himawan Selaku Tutor, Teguh Tri Susanto dan Yusmawati selaku anggota, melakukan kegiatan pengabdian tersebut dengan Tema Edukasi Literasi Media Dalam Mengantisipasi Berita Hoax   Bagi Ibu-Ibu Warga RT 003/008 Perum Suropati Resicence Bekasi.

Sultan Himawan selaku tutor, memberikan penjelasan kepada peserta dengan metode ceramah dan dilanjutkan dengan diskusi mengenai literasi media sosial di kalangan warga terutama pada kalangan ibu-ibu di RT 003/RW 008. tutor juga menampilkan video berupa contoh berita palsu serta dampak dari penyebaran berita palsu.

“Dalam hal ini kami para dosen Universitas BSI berupaya memberi solusi melalui kegiatan pengabdian masyarakat berupa penyuluhan mengenai literasi media yang akan berisi penjelasan tentang media, manfaat media, ciri-ciri berita palsu atau hoax dan cara menyaring informasi terutama informasi dari media sosial,” jelas Sultan dalam keterangan rilis Sabtu (23/09).

Sementara itu, Drs. Rosidi Setiawan selaku Ketua RT menyatakan bahwa kegiatan ini sangat positif guna menambah wawasan dan pengetahuan  ilmu warga RT 003/RW 008 Perum Suropati Resicence Bekasi, Topik yang disampaikan sangat relevan ditengah tsunami informasi di berbagai media dengan kondisi literasi media yang masih kurang. Ditambah dengan maraknya informasi hoax menjelang tahun pemilu 2024.

Baca Juga: Penyuluhan Literasi Cerdas Bermedia Bagi Kalangan Perempuan Di Suropati Residence Tambun Utara Kabupaten Bekasi

“Kami sangat mengapresiasi pelasanaan kegiatan pengabdian masyarakat dari para dosen Universitas BSI. Banyak manfaat dan ilmu yang kami peroleh seputar literasi media sosial semoga selepas mengikuti kegiatan ini masyarakat akan lebih selektif dan teliti dalam memilah, memilih informasi melalui media sosial,” tutupnya (RDX)

Leave A Reply

Your email address will not be published.