Penyuluhan Literasi Cerdas Bermedia Bagi Kalangan Perempuan Di Suropati Residence Tambun Utara Kabupaten Bekasi

0 100

BSINews, Bekasi-Dosen Program Studi (Prodi) Komunikasi Fakultas Komunikasi dan Bahasa Kampus Digital Kreatif Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) telah melaksanakan Kegiatan Pengabdian Masyarakat (PM). Kegiatan dilakukan dengan lancar dan baik secara tatap muka atau luring dengan audiens yaitu kalangan perempuan di Suropati Residence Tambun Utara Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (23/9/23).

Baca Juga: Dosen Universitas BSI Kenalkan Media Teknologi Informasi Untuk Literasi Digital Pada Anak Sejak Dini

Pelaksanaan kegiatan Pengabdian Masyarakat (PM) ini dilakukan secara rutin dan menjadi sebuah salah satu kewajiban Tridarma bagi seorang dosen/pengajar. Adapun dosen yang terlibat dalam pelaksanaan pengabdian masyarakat ini diantaranya Laurensia Retno Hariatiningsih,  Mareta Puri Rahastine,  Dito Anjasmoro Ningtyas,  serta Nina Kusumawati.

Pelaksanaan Pengabdian Masyarakat dengan tema Penyuluhan Literasi Cerdas Bermedia Bagi Kalangan  Perempuan Di Suropati Residence Tambun Utara Kabupaten Bekasi ini diharapkan menjadi sebuah sarana informasi serta pengembangan wawasan bagi kaum perempuan di lingkungan tersebut, dan dengan pelatihan ini tentunya perkembangan baik tidak hanya terjadi dari setiap individu yang mengikuti kegiatan ini saja, tetapi juga sebagai langkah awal kaum perempuan tersebut untuk terus mengembangkan dan turut memberikan afirmasi positif kepada rekan lainnya yang belum mengetahui tentang hal tersebut.

Pengabdian Masyarakat (PM) memiliki tujuan menambah literasi akun media sosial bagi kalangan Perempuan di Suropati Residence Tambun Utara. Pada kegiatan ini memberikan penyuluhan secara langsung agar meningkatkan pengetahuan dan kemampuan dalam menggunakan media sosial selain itu juga dapat mengaplikasikan literasi yang telah diberikan untuk media sosialnya. Metode pelaksanaan pada kegiatan ini terdiri dari tahap persiapan yaitu survey lokasi kegiatan, tahap pelaksanaan yaitu penyuluhan literasi akun media sosial bagi kalangan Perempuan di Suropati Residence Tambun Utara dalam meningkatkan pengetahuan peserta pengabdian masyarakat, serta tahap monitoring dan evaluasi untuk mengetahui seberapa besar peningkatan kemampuan mitra.

Baca Juga: Peran Media Digital Untuk Menumbuhkan Revolusi Mental Remaja

Ketua kelompok yaitu Laurensia Retno Hariatiningsih mengatakan kegiatan tujuan kegiatan Pengabdian Masyarakat yang dilakukan secara rutin dan memaparkan sedikit gambaran materi yang berbeda tiap semesternya.

“Media digital merupakan segala bentuk konten yang disajikan dalam format elektronik dan dapat diakses melalui perangkat elektronik seperti, komputer, tablet, atau smartphone. dengan mencakup berbagai jenis platform dan format, termasuk situs web, aplikasi, sosial media, podcast, video streaming, dan banyak lagi,” jelas Laurensia Jumat (29/9/23).

“Kita mampu untuk memfilter berbagai jenis informasi yang masuk. tingginya tingkat konsumsi media konvensional dan baru yang secara tidak langsung memberikan efek pada khalayak. Efek tersebut dikhawatirkan akan merusak nilai-nilai maupun perilaku khalayak. Oleh karena itu, literasi media dan digital sangat dibutuhkan,” tutupnya. (RDX).

Leave A Reply

Your email address will not be published.