BSI Digination 2023: Memahami Dunia Digital Journalism

0 56

Tangerang Selatan, BSINews – Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) dan Digital Creative Center (DCC) dengan bangga mengadakan BSI Digination 2023 dengan tema ‘Opportunities in Creative Industry’ pada Senin-Selasa, 2-3 Oktober 2023, di kampus Universitas BSI Ciputat.

Acara yang memadukan rangkaian acara seperti Open House dari Startup Partner, Workshop, dan Exhibition ini bertujuan untuk memberikan wawasan dan pemahaman mendalam kepada siswa SMA dan SMK tentang peluang di industri kreatif yang berkembang pesat.

Baca juga: BSI Digination 2023: Menggali Potensi di Industri Kreatif Bersama DCC

Salah satu narasumber yang menjadi sorotan yaitu Dinar Ismunandar, seorang jurnalis dan redaktur MileniaNews. Dalam sesi presentasinya, Dinar membahas tentang Digital Journalism in Social Media.

Dinar menyampaikan pentingnya pemahaman terhadap peran media sosial dalam perkembangan dunia jurnalisme saat ini. Kemajuan teknologi, khususnya media sosial, telah mengubah lanskap jurnalisme dengan memungkinkan individu yang belum memiliki reputasi sebagai jurnalis untuk menyebarkan informasi melalui platform mereka sendiri tanpa perlu media tradisional.

Namun, Dinar juga memberikan peringatan penting kepada para peserta. Meskipun siapa pun dapat menjadi jurnalis di era digital, kepercayaan publik tetap terletak pada media yang telah memiliki reputasi. Oleh karena itu, penting untuk tidak terburu-buru menyebarkan informasi tanpa memeriksa kebenarannya.

“lima langkah sederhana yang perlu diikuti sebelum menyebarkan informasi di media sosial, antara lain periksa sumber informasi, cari informasi tambahan, tinjau bukti tambahan, periksa penyimpangan bahasa, dan waspadai berita palsu atau hoaks. Dengan menerapkan langkah-langkah ini, individu dapat berperan sebagai jurnalis yang bertanggung jawab di media sosial,” tuturnya.

Baca juga: BSI Digination 2023: Membuka Peluang di Industri Kreatif

Selain itu, Dinar juga memberikan saran kepada para peserta yang tertarik untuk menjadi jurnalis di media sosial. Ia menekankan pentingnya pendidikan atau pelatihan dalam bidang jurnalisme, pemahaman kode etik jurnalistik, bergabung dengan organisasi media sosial, membuat portofolio online, dan berkomitmen untuk terus belajar dan berkembang menjadi seorang jurnalis profesional.

BSI Digination 2023 merupakan langkah positif dari Universitas BSI dan DCC dalam mendukung generasi muda yang tertarik dengan dunia jurnalisme dan industri kreatif. Melalui acara ini, para peserta dapat memperluas pengetahuan mereka dan mempersiapkan diri untuk masa depan yang cerah di dunia jurnalisme digital.(ACH)

Leave A Reply

Your email address will not be published.