Universitas BSI Kampus Karawang Lakukan AMI (Audit Mutu Internal)

0 8

Karawang, BSINews – Badan Penjaminan Mutu & Akreditasi (BPMA) Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) menjalankan serangkaian kegiatan AMI (Audit Mutu Internal) rutin, yang dilakukan setiap tahun pada tingkat program studi dan unit kerja. Pada siklus kelima ini, giliran tingkat Fakultas dan Program Studi Di Luar Kampus Utama (PSDKU) menjadi objek AMI.

Unversitas BSI kampus Karawang pertama kali mengikuti audit ini pada 4-5 Oktober 2023 melalui sesi daring yang dipimpin oleh Agus Priadi dan Ari Puspita. Standar SPMI (Sistem Penjaminan Mutu Internal) yang diaudit meliputi standar dosen dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana pembelajaran, standar pengelolaan pembelajaran, serta standar pembiayaan pembelajaran. Selain itu, laporan kinerja tahun 2022-2023 dari Hasan Basri sebagai Kepala Kampus juga diperiksa oleh para auditor.

Baca juga: PSDKU Kota Bogor Ikuti AMI Untuk Songsong Standar Unggul di Pendidikan

Hasan Basri selaku Unversitas BSI kampus Karawang, mengungkapkan rasa terima kasih kepada BPMA atas pelaksanaan AMI. Meskipun ini merupakan pengalaman pertama bagi Unversitas BSI kampus Karawang, Hasan mengapresiasi inisiatif ini.

“Melalui AMI, Unversitas BSI kampus Karawang sebagai unit pengelola program studi dapat menjadikan AMI sebagai tolak ukur pencapaian mutu dalam mencapai target-target pada Renstra Renop yang kami miliki,” ungkapnya.

Pada sesi AMI ini, Hasan didampingi oleh Kaprodi Sistem Informasi Universitas BSI kampus Karawang Abdussomad dan Kaprodi Sistem Informasi Akuntansi Universitas BSI kampus Karawang Dede Firmansyah. Selain itu, berbagai unit terkait seperti BAKU dan tim bidang Pengolahan Data juga turut membantu dalam memberikan jawaban kepada pertanyaan auditor terkait bidang pekerjaan mereka.

Hasil dari audit lapangan dipresentasikan dalam 8 (delapan) bidang, termasuk kelembagaan, kemahasiswaan, sumber daya manusia, keuangan & sarana prasarana, pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat, dan inovasi.

Baca juga: Peningkatan Kualitas Mutu Lewat AMI Pada Universitas BSI Kampus Tasikmalaya

Agus Priadi, salah seorang auditor, memberikan tanggapannya terkait hasil AMI tersebut, “Berdasarkan hasil AMI, Universitas BSI kampus Karawang telah melengkapi dokumen-dokumen yang perlu diperbaiki. Meskipun ada beberapa temuan observasi, auditee perlu segera melengkapi bukti-bukti yang masih kurang. Semoga Universitas BSI kampus Karawang semakin konsisten dalam meningkatkan mutu program studinya.”(ACH)

Leave A Reply

Your email address will not be published.