Seminar Pemuda Digital 2023: Pemanfaatan AI dalam Transformasi Pendidikan

0 137

Sukabumi, BSINews – Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) dengan bangga mengadakan Seminar Pemuda Digital yang bertajuk ‘Pemanfaatan Artificial Intelligence dalam Transformasi Pendidikan’. Acara ini merupakan digelar di Universitas BSI kampus Sukabumi, yang berlangsung di Anugerah Hotel, Sukabumi pada Senin, 23 Oktober 2023.

Seminar Pemuda Digital Universitas BSI Kampus Sukabumi merupakan upaya nyata dalam menghadirkan pemikiran inovatif dan berdampak di bidang pendidikan, khususnya mengenai pemanfaatan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) untuk merubah proses pembelajaran yang ada bagi generasi muda.

Baca juga: Universitas BSI Kampus Sukabumi Sukes Gelar Seminar Pemuda Digital

Narasumber utama pada acara ini adalah Agung SR, yang saat ini menjabat sebagai CEO Universa Transformasi Digital dan merupakan alumni dari Universitas BSI. Dalam presentasinya, Agung SR menjelaskan mengenai pentingnya pemanfaatan kecerdasan buatan dalam transformasi pendidikan, terutama bagi generasi muda yang tumbuh di era digital.

Agung mengungkapkan bahwa pemuda digital adalah individu muda yang tumbuh dalam lingkungan yang dibanjiri oleh teknologi digital. Mereka cenderung mahir dalam menggunakan berbagai alat, platform, dan perangkat digital dalam kehidupan sehari-hari.

Agung juga mempertanyakan mengapa teknologi digital sangat penting. “Teknologi digital membuka berbagai peluang di bidang pendidikan, karier, komunikasi, interaksi sosial, berpikir kritis, pemecahan masalah, serta kesadaran global dan kewarganegaraan”.

Agung SR memaparkan bahwa kecerdasan buatan dapat memainkan peran kunci dalam transformasi pendidikan modern. Pemanfaatan kecerdasan buatan dalam pendidikan memungkinkan pendekatan yang lebih adaptif, responsif, dan inovatif terhadap proses pembelajaran.

“Dengan teknologi AI, pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan individual, memberikan pengalaman pembelajaran yang lebih efektif dan efisien,” ungkapnya.

Baca juga: Universitas BSI Kampus Pontianak Ajak Generasi Muda Manfaatkan Artificial Intelegence (AI) Dalam Seminar Pemuda Digital

Sementara itu, Jamal Maulana Hudin, selaku Kepala Kampus Universitas BSI kampus Sukabumi mengatakan, Seminar Pemuda Digital ini berhasil menyatukan pemikiran inovatif dan solusi pendidikan yang relevan dengan era digital, memberikan inspirasi bagi para peserta, mahasiswa, dan akademisi yang hadir. Universitas BSI berkomitmen untuk terus berperan aktif dalam pengembangan teknologi dan pendidikan yang berdampak positif.

Universitas BSI berharap bahwa melalui Seminar Pemuda Digital ini, para pemuda digital dan seluruh masyarakat akan semakin menyadari potensi besar yang ada dalam pemanfaatan kecerdasan buatan untuk transformasi pendidikan yang lebih baik di masa depan,” tandasnya.(ACH)

Leave A Reply

Your email address will not be published.