Himasa Universitas BSI Gelar Webinar Mengungkap Potensi Chat GPT di Era Society 5.0

0 82

Bogor, BSINews — Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi Akuntansi (Himasa), Kampus Digital Kreatif Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Bogor, sukses melaksanakan Webinar Smiteac 4 dengan tema ‘Mengungkap Potensi Chat GPT dalam Meningkatkan Kreativitas dan Inovasi pada Era Society 5.0’. Kegiatan ini dilaksanakan secara daring melalui zoom, pada Sabtu (14/10/2023) silam.

Baca juga : Memperkuat Sinergi, Evaluasi Kegiatan Organisasi HIMASA Universitas BSI Kampus Bogor

Kepala kampus Universitas BSI kampus Bogor, Sugiono dalam sambutannya mengatakan bahwa Era Society 5.0 menggabungkan teknologi canggih, seperti Artificial Intelligence (AI), untuk mendorong kreativitas dan inovasi. Manusia tidak seharusnya bergantung sepenuhnya pada Chat GPT, tetapi sebagai manusia, kita harus dapat memaksimalkan teknologi kecerdasan buatan untuk meningkatkan kreativitas.

“Chat GPT di zaman saya serupa dengan kalkulator, di mana pada awalnya digunakan untuk membantu perhitungan yang rumit. Saat ini, Chat GPT membantu mempermudah berbagai aspek dalam kehidupan sehari-hari. Namun, ini tidak berarti kita harus bergantung sepenuhnya pada Chat GPT, kita yang harus memaksimalkan penggunaannya,” ungkap Sugiono dalam rilis yang diterima, Jumat (27/10/2023).

Mengungkap Potensi Chat GPT di Era Society 5.0

Hadir sebagai narasumber, Sumanto yang merupakan Programmer sekaligus dosen Universitas BSI menjelaskan kecerdasan buatan dan bagaimana teknologi ini mendukung pembuatan Tugas Akhir (TA) serta peran AI dalam meningkatkan kreativitas dan inovasi dalam berpikir manusia.

“AI dapat digunakan untuk berbagai hal seperti untuk mencari referensi seperti typeset.io, untuk menulis coding seperti Chat GPT, menterjemahkan seperti Deepl, dan untuk Paraphrase seperti Quillbot. Dalam perkembangan AI yang terjadi saat ini kita sebagai dosen dan mahasiswa dapat bersikap dengan bijak dalam menggunakan AI dan salah satunya adalah Chat GPT karena bagaimanapun kecerdasan komputer itu memiliki kelemahan dan tidak lebih unggul dari kecerdasan manusia,” jelasnya.

Baca juga : Himasa Universitas BSI Gelar Workshop Understand Web Development with Laravel

Sementara itu, Siti Masripah selaku pembimbing HIMASA menanggapi bahwa AI merupakan sebuah tools yang tidak bisa dihindari namun bisa dimanfaatkan dengan bijak sehingga tergantung bagaimana invidu menggunakan AI untuk membuat terobosan atau inovasi yang bersifat novelty.  (LAG)

Leave A Reply

Your email address will not be published.