Seminar Pemuda Digital Angkat Isu Pemanfaatan AI Dalam Dunia Pendidikan

0 141

Solo, BSINews — Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Solo akan menggelar seminar Pemuda Digital dengan angkat isu ‘Pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) Dalam Dunia Pendidikan’, pada Senin, 20 November 2023, di Hotel Harris Surakarta.

Seminar ini akan menjadi platform bagi para guru dan siswa SMA/SMK sederajat untuk mendalami konsep dan aplikasi AI dalam dunia pendidikan. Hadir sebagai narasumber, Noel Silalahi selaku Peneliti Center for Digital Society Ilmu Komunikasi UGM akan memberikan wawasan mendalam tentang keuntungan dan potensi pemanfaatan AI dalam proses pembelajaran.

Baca juga : Universitas BSI Kampus Solo Siap Hadirkan Seminar Pemuda Digital Pemanfaatan AI

Menurut Noel, pemanfaatan AI dalam pendidikan membuka pintu revolusi baru, memperkenalkan pengalaman pembelajaran yang lebih interaktif dan personal. Dalam seminar ini, peserta akan diajak memahami keuntungan utama dari penerapan AI, antara lain:

  1. Pengalaman Pembelajaran yang Ditingkatkan: AI memungkinkan siswa merasakan pembelajaran yang lebih interaktif dan menarik, disesuaikan dengan kebutuhan dan kecepatan belajar masing-masing.
  2. Pemantauan Kemajuan Siswa: Guru dapat memanfaatkan AI untuk melacak dan menganalisis kemajuan siswa secara real-time, memungkinkan intervensi lebih tepat waktu dan efektif.
  3. Peningkatan Efisiensi Proses Pembelajaran: AI dapat menilai tugas dan ujian secara otomatis, mengurangi beban kerja guru, serta memberikan umpan balik yang lebih detail kepada siswa.

Contoh aplikasi AI dalam pembelajaran juga akan dibahas, seperti penggunaan Virtual Reality (VR) dalam ruang kelas, pembelajaran adaptif dengan AI, dan sistem tutor cerdas.

Angkat Isu Pemanfaatan AI Dalam Dunia Pendidikan

Dalam pemanfaatan AI, peran guru sebagai fasilitator dan pengawas tetap krusial. Meskipun teknologi membantu, kehadiran guru memastikan penggunaan AI berjalan lancar, memberikan arahan, dan memberikan intervensi saat diperlukan. Sementara itu, siswa diharapkan menjadi pembelajar mandiri yang aktif dalam pengembangan diri mereka.

Baca juga : Seminar Pemuda Digital Universitas BSI Inspirasikan Generasi Muda
Ahmad Fauzi selaku Marketing and Communication (Marcom) Universitas BSI kampus Solo mengatakan bahwa seminar ini tidak hanya membawa perspektif akademis, namun juga akan menghadirkan sosok pemudi inspiratif.

“Sindy Novela yang merupakan Putri Indonesia Jambi 2023 sekaligus mahasiswi Ilmu Komunikasi Universitas BSI juga akan hadir sebagai narasumber kedua yang akan menginspirasi peserta. Dengan kombinasi narasumber yang beragam, peserta diharapkan mendapatkan wawasan yang komprehensif tentang peran AI dalam dunia pendidikan,” ujarnya. (LAG)

Leave A Reply

Your email address will not be published.