Sosialisasi Pengenalan Teknologi Komputer Melalui Public Speaking Dengan Baik dan Benar Untuk Anak Usia Dini

0 52

BSINews, Jakarta – Dosen Fakultas Teknik dan Informatika (FTI) Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) sukses melaksanakan kegiatan PM (Pengabdian Masyarakat) Sosialisasi Pengenalan Teknologi Komputer di RPTRA Mardani Asri Cempaka Putih Jakarta, Sabtu (23/9).

Baca Juga : Dosen Universitas BSI Berikan Pemahaman Perlunya Manajemen Komunikasi Berbasis Teknologi untuk UMKM

Endang selaku pemateri mengutarakan bahwa teknologi komputer dapat diperkenalkan kepada anak usia dini melalui public speaking.

Public speaking sebagai seni persuasi dan perlu dilatih sehingga terjadi transfer ide, pemahaman yang sama, dan bertujuan untuk membujuk, mempengaruhi target audiens. Bagi pemula perlu menguasai materi dan menuliskan poin-poin penting, serta menggunakan body-language dan eye-contact. Selain itu, penting untuk memahami audiens, dan tidak lupa agar menghindari rasa pesimis, penggunaan filler words yang bisa dilakukan dengan berlatih di depan cermin,” ujar Endang dalam keterangan tertulis, Rabu (25/10).

Ia mengutarakan beberapa cara untuk lebih mudah mengenalkan teknologi komputer pada anak usia dini, dengan mengajarkan keterampilan dasar computer yang dikuasai anak.

Software yang direkomendasikan untuk metode pembelajaran juga perlu dipertimbangkan seperti Game World of Zoo, Game Edukasi Anak Lengkap, Coloring Book, Maze Book yang dapat mengunggah rasa penasaran pada anak,” tandas Endang.

Baca Juga : Sosialisasi Pemanfaatan Website Profile Sekolah pada TAAM Nurul Falaah Cikoneng

Endang menambahkan perlunya public speaking yang baik dan benar dalam memperkenalkan komputer pada anak usia dini.

“Perlu mengenali kebutuhan anak, menginstall aplikasi pendukung, memasang parental-lock, mengedukasi dan mengasistensi. Anak-anak memerlukan pendampingan orang tua ketika mulai asyik dengan dunia teknologi komputer. Hal ini akan berdampak positif bagi perkembangan kepercayaan diri anak dan anak-anak merasa nyaman dan aman dalam pendampingan orang tua, tegasnya sesaat sebelum mengakhiri pemaparannya,” tandas Endang.

Leave A Reply

Your email address will not be published.