Pelatihan Optimasi Penggunaan WA Bisnis Dalam Penjualan Produk Pada UMKM Borneo Istimewa Pontianak

0 93

Pontianak, BSINews — Dosen Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Pontianak sukses menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat yang bertemakan “Optimasi Penggunaan WA Bisnis Dalam Penjualan Produk Pada UMKM Borneo Istimewa Pontianak”.

Kegiatan yang diadakan untuk pelaku UMKM Borneo Istimewa Pontianak ini diselenggarakan pada Hari Sabtu, 9 Desember 2023 di Jl. Apel Gg Apel 4 No 9 Rt 02/11 Kelurahan Sei Jawi Luar, Pontianak dan dihadiri sekitar 47 orang pelaku UMKM Borne Istimewa.

Baca juga : Pelatihan Literasi Media Sosial Terkait Penanggulangan Hoax dan Misinformasi Pada UMKM Borneo Istimewa Pontianak

Dalam upaya untuk meningkatkan pemahaman para pelaku UMKM Borneo istimewa, Dosen Universitas BSI Kampus Pontianak yang terdiri dari Reza Maulana, Mohammad Kamal Reza, Deni Risdiansyah, dan Mia Rosmiati memberikan pelatihan berupa pemanfaatan media WA Bisnis untuk meningkatkan jumlah pelanggan dan penjualan para pelaku UMKM.

Reza Maulana selaku ketua pelaksana mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan bagaimana memanfaatkan WA Bisnis untuk media promosi, meningkatkan penjualan, memperluas jangkauan pelanggan, dan juga meningkatkan pelayanan kepada pelanggan.  Sebab dengan adanya pelatihan tersebut dapat membantu para pelaku UMKM dalam memanfaatkan media digital.

“Peran UMKM sangat besar untuk pertumbuhan perekonomian suatu daerah, hal ini juga yang membuat Tim Dosen Universitas BSI Kampus Pontianak mengadakan pelatihan ini untuk memberikan edukasi kepada pelaku UMKM sehingga mereka mampu memanfaatkan media digital untuk dapat meningkatkan penjualan,” ujar Reza.

Pelatihan Optimasi Penggunaan WA Bisnis

Sementara itu, sebagai pemateri Mohammad Kamal Reza menjelaskan bahwa aplikasi WA Bisnis merupakan aplikasi yang mudah digunakan oleh masyarakat Indonesia termasuk oleh para pelaku UMKM. Sehingga aplikasi tersebut dapat digunakan secara optimal untuk mempromosikan produk para pelaku UMKM.

“WA Bisnis merupakan solusi untuk pemasaran yang cukup luas dengan modal relatif kecil, dikarenakan aplikasi tersebut merupakan aplikasi popular yang digunakan hampir di setiap orang dalam melakukan komunikasi atau interaksi dengan perjual dan pembeli baik offline maupun online. Aplikasi yang didesain khusus untuk pemilik bisnis baik untuk usaha kecil dan usaha menengah (UMKM),” jelas Kamal.

Menurutnya, WA Bisnis mempunyai banyak fitur-fitur yang akan memanjakan para pelaku bisnis. Fitur- fitur untuk Pelaku bisnis meliputi mudah membalas pesan secara otomatis, menyortir pesan dan menjawab pertanyaan dengan cepat. Aplikasi ini bisa dapat diunduh lewat sistem operasi android maupun iOS.

Baca juga : Dosen Universitas BSI Berikan Pelatihan Penggunaan Media Sosial sebagai Alat Promosi

“Dengan aplikasi ini, pemilik usaha akan terbantu, dan ekonomi terus berputar. Karena jika sebelumnya hanya menunggu pelanggan ke toko, saat ini pelaku bisnis sudah dapat melakukan transaksi langsung dengan pelanggan, pemilik usaha dapat memperbarui produk dan harga yang mereka miliki. Bahkan, Melalui WA Bisnis konsumen dapat menerima informasi secara seketika terkait produk,” tutupnya. (LAG)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.