Universitas BSI Gelar Seminar Leadership and Self Development Mental Health and Self Improvement

0 12

Jakarta, BSINews — Program studi (prodi) Manajemen Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kembali menghadirkan seminar Leadership and Self Development dengan tema Mental Health and Self Improvement. Bertempat di aula Universitas BSI kampus Jatiwaringin, kegiatan yang ditujukan untuk mahasiswa semester 3 ini, dilaksanakan pada Selasa, 19 Desember 2023.

Baca juga : Prodi Manajemen Universitas BSI Adakan Seminar Leadership and Self Development

Hadir sebagai narasumber, Imam Hanggautomo selaku CEO PT Nitis Jiwa Bangsa dan Founder Kalbu menjelaskan Self-leadership adalah kemampuan untuk memimpin diri sendiri dengan cara mengembangkan visi, tujuan, dan strategi untuk mencapai keberhasilan dalam kehidupan pribadi maupun professional.

“Sebagai calon pemimpin, kita harus bisa melakukan self-leadership, cara melatih self-leadership adalah dengan mengenali kekuatan dan kelemahan diri, tetap fokus pada tujuan, mengelola emosi, mengembangkan keterampilan, dan yang terpenting adalah konsisten dalam menjalani itu semua,” ujar Imam dalam keterangan rilis.

Ia memaparkan ada tiga tahapan dalam melakukan self-leadership. Tahap pertama adalah self-awareness, yaitu kemampuan individu untuk bisa mengidentifikasi dan memahami dirinya secara utuh, baik dari sifat, karakter, emosi, perasaan, pikiran dan cara adaptasi dengan lingkungan.

Seminar Leadership and Self Development Mental Health and Self Improvement

“Dengan memiliki self-awareness kita akan tetap tenang di setiap keadaan genting, mindfullness, kerja lebih cerdas, membantu meningkatkan relasi, dan menjaga kesehatan. Tahapan kedua self-reflection. Self-reflection merupakan cara menilai diri sendiri. Sederhananya, ‘refleksi’ berarti memikirkan sesuatu, merenungkan dan menyusun elemen diri untuk menjadikannya segala bentuk pembelajaran,” jelasnya.

Tahap ketiga adalah self-regulation, yaitu kemampuan untuk mengendalikan emosi dan impuls yang mengganggu, serta berpikir sebelum bertindak. Individu yang memiliki kontrol diri, pasti dapat melihat hal yang baik dalam diri orang lain, dan mampu mengidentifikasi peluang dalam situasi yang berbeda.

“Pemimpin yang sukses memiliki mental health yang terjaga, kecerdasan emosional yang tinggi, kemampuan untuk berkomunikasi secara efektif dan otentik, mencontohkan perilaku positif, membangun koneksi, berpikir inovatif, dan beradaptasi dengan kebutuhan orang- orang yang mereka pimpin,” imbuh Iman.

Iman menambahkan bagaimana cara seorang pemimpin menjaga kesehatan mentalnya. Diantaranya, mengakui perasaan anda dan kenali kapan anda membutuhkan ruang, mengenali titik pemicu anda, terbuka tentang kesehatan mental anda, menjaga diri anda secara fisik untuk memastikan kesehatan mental, memiliki strategi mengatasi masalah disaat darurat, jangan pernah menarik diri dari lingkungan sosial, bila perlu mencari bantuan profesional.

Baca juga : Tingkatkan Pengetahuan Digital Keuangan Bagi Generasi Z, Prodi Manajemen Gelar Seminar Pentingnya Literasi Keuangan

“Ada beberapa jenis perawatan mental diri, tetapi secara keseluruhan, perawatan diri mengacu pada aktivitas dan praktik yang kita pilih secara sengaja untuk dilakukan secara konsisten untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan kita. Beberapa yang saya dan tim lakukan dalam merawat kesehatan mental adalah, grounding, meditasi pernapasan, journaling, konseling, hypnotherapy” tutupnya. (LAG)

Leave A Reply

Your email address will not be published.