Sosialisasi Pelaksanan Uji Sertifikasi Kompetensi Pengelola Riset Pasar Program Studi Manajemen

0 220

BSINews, Bekasi-Program Studi Manajemen Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) menggelar Sosialisasi Pelaksanaan Uji Sertifikasi Kompetensi: Pengelola Riset Pasar yang mengundang antusiasme 390 peserta. Acara yang berlangsung pada Jumat, 8 Desember 2023 pukul 19.00 – 21.00 WIB via zoom meeting ini melibatkan mahasiswa semester 6 dan semester 7 dari program studi manajemen.

Baca Juga: 38 Dosen Universitas BSI Mengikuti Uji Sertifikasi Kompetensi

Hadir dalam kegiatan sosialisasi ini Kaprodi Manajemen Universitas BSI yakni  Nurvi Oktiani. Moderator Chanisa Purwaningrum dan Narasumber Inggit Dessy Susanti.  Dalam sambutannya  Nurvi menyampaikan pentingnya sertifikasi kompetensi bagi lulusan prodi manajemen, bahkan bagi mahasiswa dengan peminatan di luar pemasaran.

Ia menekankan bahwa sertifikasi kompetensi merupakan implementasi perkuliahan, di mana mahasiswa harus mampu mengaplikasikan pengetahuan mereka, terutama dalam bidang pemasaran.

Sementara itu, Inggit selaku narasumber dan juga dosen Universitas BSI menjelaskan secara rinci mengapa sertifikasi kompetensi memiliki peran krusial dalam dunia kerja, seperti validasi kemampuan, meningkatkan daya saing dan peluang karir, menetapkan standar profesional, serta mendapatkan pengakuan dan kepercayaan dari industri. Sertifikasi juga dianggap sebagai sarana pengembangan profesional dan untuk menunjukkan kepercayaan.

“Proses pemberian sertifikat kompetensi dilakukan secara sistematis dan obyektif melalui asesmen/uji kompetensi yang merujuk pada Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) di Tempat Uji Kompetensi (TUK). Metode uji kompetensi melibatkan praktek/observasi langsung, tes tertulis, dan wawancara,” jelasnya.

Ia juga mengatakan bahwa sosialisasi tersebut menyajikan informasi mendalam tentang cakupan kompetensi yang akan diuji, alur pelaksanaan, persyaratan, dokumen pendaftaran, dan perlengkapan yang diperlukan selama proses uji sertifikasi kompetensi berlangsung.

Baca Juga: Mahasiswa Prodi Teknik Industri Universitas BSI Ikuti Kegiatan Pelaksanaan Uji Sertifikasi Kompetensi

“Sosialissai memberikan simulasi penggunaan web lembaga sertifikasi profesi BSI (LSP BSI) lsp.bsi.ac.id. Mulai dari login hingga penjelasan mengenai Indikator Progress Pengerjaan/Status Pengerjaan yang terlihat dalam web tersebut. Setelah pemaparan materi dan simulasi, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang disambut antusias oleh peserta, yang kemudian diakhiri dengan sesi foto bersama,” tegasnya.(RDX)

Leave A Reply

Your email address will not be published.