Prodi Manajemen Pajak Universitas BSI Sukses Gelar Sertifikasi Kompetensi

0 76

Jakarta, BSINews – Program studi (prodi) Manajemen Pajak Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) berhasil menyelenggarakan sertifikasi kompetensi bagi mahasiswa semester 5 di bidang Teknisi Pajak Penghasilan Orang Pribadi dan Teknisi Perpajakan PPH Badan Sektor Usaha Jasa dan Perdagangan. Acara ini berhasil diselenggarakan di Universitas BSI kampus Dewi Sartika B, pada Selasa (22/1/2024).

Baca juga : Prodi Manajemen Pajak Universitas BSI Gelar Sosialisasi Sertifikasi Uji Kompetensi Teknisi Pajak

Eka Dyah Setyaningsih selaku Ketua Program Studi (Kaprodi) Manajemen Pajak Universitas BSI mengungkapkan tujuan kegiatan ini adalah memberikan sertifikasi kompetensi kepada mahasiswa sebagai bukti tertulis atas kemampuan mereka dalam mengelola Pajak Penghasilan Orang Pribadi dan Perpajakan PPH Badan Sektor Usaha Jasa dan Perdagangan.

“Sertifikasi ini diberikan dengan dukungan dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) dan bekerjasama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi BSI (LSP BSI), lembaga yang menaungi kegiatan sertifikasi kompetensi di bawah naungan BNSP,” ungkap Eka dalam keterangan rilis, Rabu (23/1/2024).

Prodi Manajemen Pajak Gelar Sertifikasi Kompetensi

Kegiatan uji sertifikasi kompetensi ini menjadi bentuk penilaian teruji terkait sikap, pengetahuan, dan keterampilan mahasiswa dalam bidang Teknisi Pajak Penghasilan Orang Pribadi dan Teknisi Perpajakan PPH Badan Sektor Usaha Jasa dan Perdagangan. Metode penilaian melibatkan observasi langsung, pertanyaan tertulis, dan pertanyaan lisan.

Dalam skema Teknisi Pajak Penghasilan Orang Pribadi, mahasiswa diuji pada 16 unit mulai dari Menyiapkan Pendaftaran Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) hingga Mengajukan Pengungkapan Kesalahan dalam Surat Pemberitahuan (SPT)/SPTPD. Sedangkan dalam skema Teknisi Perpajakan PPH Badan Sektor Usaha Jasa dan Perdagangan, terdapat 29 unit yang diujikan, mulai dari Menyiapkan Pendaftaran NPWP sampai dengan Mengajukan Keberatan.

“Saya berharap dengan terselenggaranya sertifikasi uji kompetensi ini, mahasiswa akan memiliki standar kompetensi yang diakui oleh industri dan pengusaha dalam bidang perpajakan. Ini diharapkan akan meningkatkan kesempatan mereka dalam dunia kerja dan kredibilitas professional,” imbuh Eka.

Baca juga : Program Studi Ilmu Komunikasi Sukses Menggelar Pembekalan bagi Mahasiswa Menyongsong Uji Sertifikasi Kompetensi

Ia menegaskan Prodi Manajemen Pajak Universitas BSI memiliki komitmen tinggi untuk mengedepankan keunggulan dalam studi perpajakan, mempersiapkan mahasiswa menjadi professional di industri kerja, serta mendukung pengembangan kualitas sumber daya manusia di bidang perpajakan. (LAG)

Leave A Reply

Your email address will not be published.