Dosen Prodi Sistem Informasi Akuntansi Universitas BSI Raih Kesuksesan dalam Proyek Pengabdian Masyarakat

0 94

Sukabumi, BSINews – Keberhasilan empat dosen Program Studi Sistem Informasi Akuntansi Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) dalam melaksanakan proyek pengabdian kepada masyarakat semakin nyata setelah melewati tahap monitoring dan evaluasi pada Senin, 22 Januari 2024.

Dosen-dosen tersebut antara lain Yuri Rahayu, Lis Saumi Ramdhani, Andi Riyanto, dan Rizal Amegia Saputra berhasil membuktikan dampak positif dari program mereka yang dirancang untuk memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat.

Baca juga: Tim Hibah Universitas BSI Mendapatkan Prestasi di Forum Seminar Hasil Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

Setelah meraih hibah pengabdian kepada masyarakat beberapa bulan yang lalu, para dosen Universitas BSI berhasil melewati tahap monitoring dan evaluasi yang dilakukan oleh pihak pembiayaan. Proyek ini difokuskan pada penerapan sistem informasi akuntansi untuk memberikan pemahaman dan keterampilan kepada masyarakat dalam pengelolaan keuangan yang lebih efisien.

Yuri Rahayu mengungkapkan kegembiraannya atas hasil monitoring dan evaluasi tersebut. “Kami senang melihat bahwa program kami memberikan manfaat yang diharapkan dan sesuai dengan tujuan awal kami untuk memberdayakan masyarakat melalui pendekatan teknologi informasi dan akuntansi,” ujarnya.

Proses monitoring melibatkan pemantauan langsung terhadap implementasi program di lapangan, sementara evaluasi dilakukan melalui berbagai metode pengukuran dampak, termasuk survei dan wawancara dengan peserta program.

“Hasilnya menunjukkan bahwa masyarakat yang terlibat dalam proyek ini mengalami peningkatan signifikan dalam pemahaman mereka terkait pengelolaan keuangan,” tuturnya.

Rizal Amegia Saputra menekankan pentingnya keterlibatan aktif masyarakat dalam setiap tahap program. “Partisipasi masyarakat bukan hanya sebagai penerima manfaat, tetapi mereka juga menjadi mitra kami dalam perubahan. Ini adalah langkah penting menuju pembangunan berkelanjutan,” katanya.

Baca juga: Tingkatkan Potensi Belajar Mengajar Menggunakan Teknologi AI, Dosen Universitas BSI Sukses Gelar Pengabdian Masyarakat

Pihak pengelola hibah menyatakan kepuasannya terhadap hasil monitoring dan evaluasi ini. “Proyek ini bukan hanya sebuah inovasi di bidang pendidikan dan pemberdayaan masyarakat, tetapi juga menjadi contoh bagaimana keberlanjutan dan dampak positif dapat dicapai melalui kolaborasi antara perguruan tinggi dan masyarakat,” kata Titik Masriati.

Dengan berhasilnya tahap monitoring dan evaluasi ini, dosen-dosen tersebut kini fokus pada dokumentasi hasil dan penyusunan laporan akhir proyek. Harapannya, kesuksesan ini dapat menjadi inspirasi bagi rekan dosen Universitas BSI dan perguruan tinggi lainnya untuk lebih aktif terlibat dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat guna menciptakan perubahan yang positif.(ACH)

Leave A Reply

Your email address will not be published.