Dosen Universitas BSI Berhasil Lolos Hibah Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Dosen Yayasan

0 51

BSINews, Jakarta-Obesitas telah menjadi masalah kesehatan masyarakat yang signifikan di banyak negara. Meneliti cara mengatasi obesitas dengan teknologi seperti algoritma machine learning dapat memberikan wawasan baru dalam pendekatan yang dapat diadopsi untuk menangani masalah kesehatan ini. Dengan mengeksplorasi algoritma machine learning untuk mendeteksi faktor risiko obesitas, penelitian ini juga dapat membahas tentang keselamatan dan efektivitas penggunaan teknologi dalam konteks kesehatan.

Baca Juga: 3 Dosen Universitas BSI Kampus Purwokerto Menangkan Hibah Penelitian Dosen Pendanaan Yayasan

Dalam mengidetifikasi obesitas dengan teknologi, tim dosen Fakultas Teknik dan Informatika Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) berhasil lolos pendanaan Hibah Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Dosen Yayasan Tahun 2023 melalui Basis Informasi Peneltian dan Pengabdian Masyarakat (BIPEMAS), dengan skema Penelitian pada Januari sampai dengan Desember 2023.

Tim dosen Universitas BSI ini terdiri atas Mari Rahmawati, Ade Fitria Lestari, Sri Hardani yang melakukan penelitian dengan tema “Menanggulangi Obesitas dengan Tekhnologi Menggunakan Algoritma Machine Learning Berbasis Phyton Untuk Mendeteksi Faktor Risiko Pada Populasi Dewasa”.

Mari Rahmawati selaku Ketua Tim Pelaksana dalam penelitian ini menyampaikan obesitas menjadi masalah serius di masyarakat saat ini. Untuk menghadapi  tantangan, tim peneliti telah mengembangkan pendekatan inovatif dengan menggunakan teknologi canggih.

“Dalam penelitian yang terbaru, berhasil menanggulangi obesitas menggunakan algoritma machine learning berbasis Python untuk mendeteksi faktor risiko pada populasi dewasa. Algoritma machine learning merupakan metode yang memungkinkan komputer untuk belajar dari data dan membuat prediksi berdasarkan pola yang ditemukan. Dalam penelitian ini, tim peneliti menggunakan algoritma  machine learning untuk menganalisis data faktor risiko obesitas pada populasi dewasa, seperti tinggi badan, berat badan, usia, jenis kelamin, dan   gaya hidup,” jelas Mari dalam kererangan tertulis Senin, (12/2/24).

Mari juga menambahkan bahwa penelitian ini menggunakan metode eksperimental dengan pendekatan penelitian yang melibatkan manipulasi independen untuk menguji pengaruhnya terhadap variabel dependen dengan mengontrol faktor-faktor ekstraneous (variabel lain).

Baca Juga: LPPM Universitas BSI Sukses Gelar Penetapan Kontrak Hibah Penelitian Dan Pengabdian kepada Masyarakat Pendanaan Yayasan

“Dalam metode ini, kelompok kontrol digunakan sebagai pembanding dengan kelompok perlakuan yang menerima manipulasi atau perlakuan tertentu. Tujuannya adalah untuk menetapkan hubungan sebab-akibat antara variabel,” tegasnya.(RDX)

Leave A Reply

Your email address will not be published.