Meningkatkan Literasi Digital Anak-Anak Tahfiz: Program Pengabdian Masyarakat Universitas BSI

0 23

BSINews, Tangerang – Dalam rangka menjalankan kewajiban Tri Dharma Perguruan Tinggi, Dosen dari Fakultas Teknik dan Informatika (FTI) Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) menggelar program pengabdian masyarakat yang bertujuan meningkatkan literasi digital anak-anak Tahfiz di Asrama Yatim Pelopor Kepedulian yang dilaksanakan pada Sabtu, 30 Maret 2024.

Sebanyak dua puluh anak Tahfiz turut serta dalam pelatihan literasi digital ini. Tujuan utama kegiatan ini untuk memberikan pemahaman yang lebih baik tentang teknologi informasi dan internet kepada mereka, serta mengajarkan penggunaan perangkat digital secara aman dan bermanfaat.

Baca juga: Dosen Universitas BSI Beri Pemahaman Literasi Digital Bagi Anggota Pokja Kelurahan Sukasari

Dalam acara pelatihan, Andriansah yakni salah satu dosen yang melaksanakan Pengabdian Masyarakat mengatakan bahwa peserta diajak untuk memahami konsep perangkat keras dan perangkat lunak, penggunaan internet secara bijak, serta pentingnya pencegahan cyberbullying dan perlindungan data pribadi.

“Dengan semangat kolaborasi dan kepedulian, Fakultas Teknik dan Informatika Universitas BSI terus berkomitmen untuk menyediakan sumber daya dan pendampingan bagi masyarakat, terutama bagi mereka yang membutuhkan bantuan dalam menghadapi perkembangan teknologi informasi yang pesat,” ujarnya.

Ia berharap, Program ini dapat menjadi tonggak awal bagi perubahan positif dalam literasi digital anak-anak Tahfiz, serta menjadi contoh inspiratif bagi upaya serupa di seluruh Indonesia.

Marzuki, pengasuh di Asrama Yatim Pelopor Kepedulian memberikan apresiasi tinggi terhadap program ini, menganggapnya sebagai langkah positif dalam memberdayakan anak-anak Tahfiz untuk menjadi lebih mandiri dalam dunia digital.

Baca juga: Kominfo Hadirkan Dosen Universitas BSI Sebagai Narasumber Dalam Literasi Digital

“Semoga melalui program ini, anak-anak Tahfiz Asrama Yatim Pelopor Kepedulian dapat lebih percaya diri dan mampu menghadapi tantangan teknologi yang semakin kompleks,” harapnya.

Sementara itu, Nisa, salah satu peserta, menyatakan harapannya terhadap program ini, “Saya sangat senang bisa mengikuti pelatihan ini. Saya berharap bisa memanfaatkan ilmu yang saya dapatkan untuk lebih produktif dan aman dalam menggunakan teknologi.”(ACH)

Leave A Reply

Your email address will not be published.