Belajar Bersama Dalam Keberagaman, Aksi Cerdas Mahasiswa Universitas BSI Bikin Anak SMP Melek Toleransi!

0 22

BSINews, Bekasi – Siapa bilang toleransi itu cuma teori? Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas BSI Kampus Bekasi (Bina Sarana Informatika) buktikan kalau toleransi bisa diajarkan dengan cara yang seru dan interaktif lewat program ‘Belajar Bersama Dalam Keberagaman’ di SMP Yapisa Bekasi, Rabu (22/5). Program keren ini jadi bukti nyata implementasi Kampus Merdeka yang membebaskan mahasiswa untuk berkontribusi di luar kampus.

Baca juga: Aksi Cerdas Mahasiswa Universitas BSI: Sosialisasi Kebersihan Lingkungan Bikin Anak SD Melek Sampah!

Kegiatan mengajar yang dipandu oleh mahasiswa ini bertujuan untuk mengenalkan pentingnya toleransi di lingkungan sekolah. Mereka memaparkan dengan apik bagaimana siswa SMP bisa menjalankan toleransi dengan baik dalam bergaul, terutama di lingkungan yang beragam suku, ras, dan agama.

“Program ini kami buat untuk mengenalkan toleransi kepada siswa/i dan mengajarkan mereka untuk bisa saling toleransi di lingkungan mereka. Karena masa SMP adalah masa transisi yang krusial, di mana mereka gampang sekali terpengaruh dan bisa jadi tidak menghormati satu sama lain,” jelas salah satu mahasiswa dengan penuh semangat.

Abyan, guru SMP Yapisa, juga mengapresiasi program ini. “Acaranya bagus, sangat informatif untuk anak-anak SMP. Tema yang disajikan menarik dan cara penyampaiannya inovatif dengan media yang keren. Menurut saya, yang perlu ditambahkan adalah praktek langsung dengan contoh mengenai toleransi yang melibatkan anak-anak langsung, agar mereka lebih cepat mengerti dan sadar akan pentingnya toleransi.”

Program ini nggak cuma bicara soal teori, lho! Mahasiswa Universitas BSI juga memberikan contoh nyata dan menerapkan toleransi di lingkungan sekolah sebagai wujud nyata menciptakan kenyamanan dan keamanan. Para siswa diajak untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan yang interaktif, sehingga mereka bisa langsung merasakan dan memahami pentingnya toleransi.

Baca juga: Mahasiswa Universitas BSI Kampus Pontianak Menggelar Program Penguatan Nilai Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah Raudhatul Ulum 3

Dengan adanya program Belajar Bersama Dalam Keberagaman, diharapkan bisa ada perubahan nyata dalam sikap siswa dalam menjalani kerukunan di lingkungan sekolah. Mahasiswa Universitas BSI membuktikan bahwa mereka nggak cuma cerdas secara akademik, tapi juga punya jiwa sosial yang tinggi.(ACH)

Leave A Reply

Your email address will not be published.