Dapatkan Bibit Unggul, Prodi Manajemen Berhasil Gelar Business Bootcamp

0 66

BSINews, Bogor-Program Studi Manajemen Universitas BSI (Bina Sarana Informatika)  mengadakan Business Bootcamp Prodi Manajemen dengan tema “Investment : Building Wealth For Future Generation”. Business Bootcamp ini dihadiri oleh 76 peserta dari mahasiswa program studi manajemen semester 5 yang diadakan pada tanggal 10 – 11 Juni 2024 secara luring di Hotel Asyana Sentul, Bogor.

Baca Juga: Prodi Manajemen Universitas BSI Adakan Sosialisasi Business Bootcamp untuk Mahasiswa

Kegiatan Business Bootcamp diisi oleh beberapa rangkaian kegiatan, diantaranya story telling dengan tema “pengalaman investasiku”, kelas untuk pengolahan data sebagai persiapan membuat skripsi, seminar investasi dengan tema “Investasi di Pasar Modal”, dan kegiatan yang terakhir adalah debat kelompok dengan berbagai tema seputar manajemen.

Eka Dyah Setyaningsih selaku Kaprodi Manajemen mengatakan kegiatan Business Bootcamp pertama mahasiswa diharuskan untuk mengumpulkan artikel berupa pengalamannya dalam melakukan investasi, lalu dipilih 3 orang terbaik untuk menceritakannya di depan peserta bootcamp untuk mendapatkan posisi pada juara 1, 2, dan 3.

“Untuk kegiatan kedua adalah kelas pengolahan data. Pada kelas ini mahasiswa diberikan studi kasus untuk kemudian diolah datanya dan menarik kesimpulan dari hasil olah data tersebut. Dari kelas pengolahan data juga diambil 3 peserta terbaik yang dapat mengintepretasikan data dengan cepat dan tepat,” jelas Eka.

Kegiatan ketiga adalah seminar investasi, narasumber eksternal yang hadir dalam seminar investasi adalah Hendra Pamungkas Jovianto dari Divisi Pengembangan Pasar PT. Bursa Efek Indonesia, yag memaparkan mengenai perencanaan dan pengelolaan keuangan, kelebihan dengan berinvestasi, dan mengenalkan peserta tentang investasi di Pasar Modal.

Selanjutnya kegiatan keeempat adalah debat kelompok. Terdapat 5 topik yang diperdebatkan, kelimanya seputar manajemen. Mahasiswa dibagi menjadi 10 kelompok, sehingga 2 kelompok akan berdebat untuk setiap topiknya. Dari 10 kelompok yang berdebat akan dipilih 3 kelompok debat terbaik. Kelompok debat terbaik dilihat berdasarkan pendapat yang dikemukakan, andil yang merata dari anggota kelompok, dan argumen yang tidak melenceng dari topik debat.

Lebih lanjut, eka juga menjelaskan bahwa dihari kedua diumumkan juara-juara untuk ketiga lomba di hari pertama. Pemenang lomba mendapatkan piala dan sertifikat. Ada kategori ‘best of the best’ untuk peserta yang memiliki kompetensi istimewa untuk ketiga cabang lomba, dan ada kategori peserta terfavorit untuk peserta yang mendapatkan vote terbanyak dari peserta bootcamp.

Baca Juga: Siapkan Mahasiswa Hadapi Dunia Bisnis, Program Studi Manajemen Gelar Sosialisasi Business Bootcamp

“Semoga kegiatan ini bisa membawa manfaat untuk kita semua, dan kami juga sudah mendapatkan bibit unggul untuk dapat menjadi perwakilan Kampus dalam lomba-lomba yang akan diselenggarakan kedepannya,” tegasnya.(RDX)

Leave A Reply

Your email address will not be published.