Cegah Cyberbullying, Dosen Universitas BSI Kampus Tasikmalaya Menggelar Pengabdian Dengan Seminar Kesadaran Digital

0 26

BSINews, Tasikmalaya-Dosen Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) program studi Sistem Informasi Kampus Tasikmalaya menggelar pengabdian kepada Masyarakat di Madrasah Diniyah Al-Falah desa Kirajangkung, Tasikmalaya, 22 Juni 2024.

Baca Juga: Dosen Universitas BSI Berikan Pengenalan Chat GPT Sebagai Media Pembelajaran Mandiri

Ai Ilah Warnilah selaku ketua pelaksana kegiatan seminar menjelaskan kegiatan ini diadakan berfokus untuk meningkatkan kesadaran tentang cyberbullying di kalangan siswa madrasah, materi yang disajikan membahas definisinya serta dampak negatifnya cyberbullying  terhadap setiap individu siswa. Dampak negatip dari penggunaan teknologi digital yang tidak bijak salah satunya  Cyberbullying, telah menjadi perhatian serius yang memengaruhi kesehatan mental siswa.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mendidik siswa tentang berbagai bentuk cyberbullying yang umum terjadi di platform media sosial, ruang obrolan, situs game, dan ponsel. Akan ditekankan bahwa cyberbullying sering kali terjadi secara berulang dan sengaja menargetkan individu yang mungkin sulit untuk membela diri,” ungkapnya.

Studi terbaru menunjukkan peningkatan cyberbullying di kalangan siswa, yang disebabkan oleh penggunaan media sosial yang berlebihan dan tingkat pengawasan orang tua serta kontrol diri yang bervariasi. Konsekuensinya dapat sangat serius, menyebabkan distres emosional, depresi, rendah diri, kecemasan, isolasi sosial, dan bahkan penurunan prestasi akademik.

Popong Farida sebagai kepala Madrasah Diniyah Al-Falah mengatakan kegiatan ini berupaya memerangi cyberbullying melalui seminar edukatif dan layanan konseling di sekolah. Dengan memberdayakan siswa dengan pengetahuan tentang cyberbullying, Madrasah Diniyah Al-Falah bertujuan untuk menciptakan lingkungan digital yang lebih aman di mana siswa dapat berinteraksi secara bertanggung jawab.

“Saya dengan senang hati menyambut dan mendukung kegiatan seminar mengenai cyberbullying yang telah Universitas BSI selenggarakan. Kami sadar bahwa masalah cyberbullying merupakan isu yang sangat relevan dan penting untuk disadari oleh para siswa, terutama di era digital saat ini,” ungkapnya.

Fani salah satu peserta dalam kegiatan ini mengatakan melalui kegiatan ini, peserta akan mendapatkan wawasan dalam mengidentifikasi dan mencegah cyberbullying.

Baca Juga: Dosen Universitas BSI Berikan Pelatihan Copywriting untuk Anggota PKK Cibubur

“Saya sangat memahami sekali dalampenyampaian materi yang jelas dan interaktif, sehingga memudahkan saya  untuk memahami cyberbullying dan bagaimana cara mengatasinya Kegiatan ini benar-benar membuka mata saya tentang betapa pentingnya menjaga perilaku online yang positif dan menghormati sesama di dunia digital. Saya merasa lebih siap untuk menghadapi potensi cyberbullying dan lebih bijak dalam menggunakan media sosial setelah mengikuti seminar ini,” tandasnya.(RDX)

Leave A Reply

Your email address will not be published.