Entrepreneur Fair Universitas BSI, Menumbuhkan Semangat Wirausaha di Kalangan Mahasiswa

0 18

BSINews, Jakarta — Menumbuhkan semangat kewirausahaan di kalangan mahasiswa, Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) telah sukses menggelar pameran wirausaha bertema “Belanja Seru Istimewa” di seluruh kampusnya. Event yang dikenal sebagai Entrepreneur Fair ini berlangsung dari tanggal 10 hingga 14 Juni 2024, melibatkan mahasiswa dari berbagai program studi yang sedang mengikuti mata kuliah Entrepreneurship.

Mereka tidak hanya mempromosikan produk-produk kreatif mereka, tetapi juga mengasah kemampuan bisnis melalui presentasi produk, interaksi dengan pengunjung, dan penilaian oleh juri profesional. Mengusung tema “Belanja Seru Istimewa”, kegiatan ini sukses dilaksanakan di semua kampus Universitas BSI, mulai dari Jabodetabek hingga luar kota seperti Tegal, Yogyakarta, Pontianak, Solo, Tasikmalaya, dan Sukabumi.

Baca juga : Entrepreneur Fair Universitas BSI Kampus Solo Sebagai Wadah Kreativitas dan Inovasi Mahasiswa

Dalam pameran ini, mahasiswa mempraktikkan ilmu yang mereka pelajari dari matakuliah Entrepreneurship dengan membuka booth di halaman kampus, memajang dan memasarkan produk-produk yang mereka ciptakan melalui berbagai media promosi seperti brosur, katalog, dan x-banner dari jam 14.00 WIB hingga 20.00 WIB.

Menumbuhkan Semangat Wirausaha Lewat Entrepreneur Fair

Sebelum memulai pameran, mahasiswa melakukan registrasi dan pengambilan nomor stand mulai pukul 13.30 WIB. Mereka mendekorasi stand mereka dengan x-banner untuk mempromosikan produk-produk yang telah mereka hasilkan. Selama proses kreatifitas mereka, panitia Entrepreneur Fair juga melakukan penilaian oleh juri yang mempelajari proposal bisnis, profil perusahaan, deskripsi pekerjaan mahasiswa, serta menilai kemasan produk dan sampel yang mereka tampilkan.

Salah satu juri Entrepreneur Fair melakukan kunjungan ke booth-booth mahasiswa untuk menilai kreativitas mereka secara langsung. Mereka juga berkesempatan untuk berbicara langsung dengan mahasiswa, bertanya tentang omzet dan keuntungan yang dihasilkan, ide dasar bisnis, proses produksi, modal usaha, dan aspek lainnya.

Baca juga : Serunya Entrepreneur Fair 2024, 15 Stand Wirausaha Meriahkan Universitas BSI Kampus Pontianak

Chantika Zahra, mahasiswa dari Universitas BSI Kampus BSD yang juga ikut serta dalam Entrepreneur Fair ini, menyampaikan kesannya, “Dengan adanya kegiatan ini, kita bisa merasakan bagaimana rasanya menjadi seorang pengusaha, belajar cara menyusun BMC, menentukan modal, membuat anggaran, dan banyak hal seru lainnya.”

Fuad Nur Hasan, Kepala BEC (BSI Entrepreneur Center) sekaligus Ketua IBT (Inkubator Bisnis Teknologi) Universitas BSI, mengungkapkan tujuan dari acara ini untuk melatih jiwa kewirausahaan mahasiswa. “Alhamdulillah, acara ini berjalan sukses dan lancar. Saya berharap dengan diselenggarakannya Entrepreneur Fair ini, mahasiswa semakin termotivasi dalam berwirausaha dan dapat membangun usaha mereka sejak dini,” ujar Fuad. (LAG)

Leave A Reply

Your email address will not be published.