Tingkatkan Kualitas Jurnal Ilmiah, LPPM Universitas BSI Gelar Workshop Pengelolaan Jurnal Menuju Terindeks Scopus

0 25

BSINews, Jakarta-Lembaga Penelitian dan Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM), Kampus Digital Kreatif Universitas BSI (Bina Sarana Informatika)) dengan bangga mengadakan workshop bertajuk “Pengelolaan Jurnal Menuju Terindeks Scopus” pada Selasa (25/06/2024). Acara ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas jurnal ilmiah yang dikelola oleh Universitas BSI,  sehingga dapat memenuhi standar internasional dan terindeks di Scopus, salah satu database jurnal ilmiah terbesar dan paling dihormati di dunia.

Baca Juga: LPPM Universitas BSI Gelar Workshop Peningkatan Tata Kelola Pengelolaan Jurnal Ilmiah Terakreditasi

Workshop ini dihadiri oleh pengelola jurnal dari berbagai fakultas di Universitas BSI dan dilakukan secara hybrid (luring dan daring). Kegiatan ini juga merupakan bagian dari komitmen Universitas BSI dalam meningkatkan mutu publikasi ilmiah dan reputasi akademiknya di kancah internasional.

Rektor Universitas BSI Prof. Dr. Ir. Mochamad Wahyudi menjelaskan Pengelolaan jurnal yang berkualitas merupakan salah satu pilar penting dalam peningkatan reputasi akademik universitas.

“Melalui workshop ini, kami berupaya membekali para pengelola jurnal dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk mencapai standar Scopus. Kami yakin bahwa dengan kerja keras dan komitmen bersama, kita dapat mengangkat jurnal-jurnal Universitas BSI ke level yang lebih tinggi,” ujar nya

Ketua LPPM Universitas BSI Dr. Taufik Baidawi juga memberikan sambutan dengan menekankan pentingnya kolaborasi dan peningkatan kapasitas Terindeks di Scopus bukanlah tugas yang mudah, namun bukan pula hal yang mustahil.

“Melalui workshop ini, kami ingin memberikan panduan praktis dan strategi yang efektif bagi para pengelola jurnal. Kami berharap bahwa seluruh peserta dapat mengambil manfaat dan mengaplikasikan ilmu yang didapat untuk meningkatkan kualitas jurnal yang dikelola,” tutur taufik.

Workshop ini menghadirkan narasumber yang kompeten dan berpengalaman dalam pengelolaan jurnal ilmiah dan proses indeksasi di Scopus.

Siti Mutrofin selaku narasumber sekaligus  seorang reviewer kemendikbud RI dan Editor In Chief JITCS memberikan penyampaian Mengelola jurnal agar dapat terindeks di Scopus memerlukan pemahaman mendalam tentang berbagai aspek, mulai dari kualitas konten, proses peer-review, hingga aspek teknis seperti metadata dan aksesibilitas.

“Saya akan membagikan best practices dan langkah-langkah konkret yang dapat diambil oleh pengelola jurnal Universitas BSI. Salah satu kunci untuk mencapai indeksasi Scopus adalah melalui kolaborasi dengan peneliti dan reviewer internasional. Ini tidak hanya meningkatkan kualitas jurnal tetapi juga memperluas jejaring dan pengakuan global,” jelas Siti.

Baca Juga: Dukung Kembangkan Karier Dosen, LPPM Universitas BSI Gelar Workshop Pembuatan Proposal Penelitian S3

Para peserta workshop aktif berpartisipasi dalam sesi diskusi dan tanya jawab, memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang tantangan dan strategi dalam pengelolaan jurnal menuju terindeks Scopus.(RDX)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.