Inovasi dan Kreasi, Mahasiswa Universitas BSI Kampus Tasikmalaya Pamerkan Karya Hebat

0 49

BSINews, Tasikmalaya — Inovasi dan kreasi menjadi sorotan utama dalam Seminar Inovasi dan Pameran Karya Mahasiswa Program Studi Sistem Informasi yang diselenggarakan oleh Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) Kampus Tasikmalaya. Dihadiri lebih dari 70 peserta yang terdiri dari mahasiswa, akademisi, praktisi industri, dan masyarakat umum, acara ini sukses dilaksanakan pada Rabu (27/6/2024) silam.

Dalam seminar inovasi ini, para pembicara dari dalam dan luar Universitas BSI memberikan wawasan mendalam tentang aplikasi praktis dari teknologi terbaru dalam pengembangan sistem informasi. Salah satu narasumber utama adalah Muhamad Devi Kusmawantri, Head Area Manager PT. Sembilan Mediadata Nusaraya dan praktisi IT.

Baca juga : Karya Cemerlang Mahasiswa Universitas BSI Kampus Tasikmalaya Meriahkan Pameran Teknologi

Selain itu, mahasiswa-mahasiswa yang telah berhasil membangun aplikasi dan dihibahkan ke industri juga turut menjadi pembicara. Diskusi dan presentasi dari para pakar mengenai kecerdasan buatan (AI), big data, serta pengembangan aplikasi web dan mobile menjadi sorotan utama yang mendapatkan respons positif dari para peserta.

Selain seminar, diadakan juga Pameran Karya Mahasiswa yang sukses menampilkan lebih dari 10 proyek inovatif yang dikembangkan oleh mahasiswa Program Studi Sistem Informasi. Proyek-proyek ini mencakup berbagai solusi dalam pengelolaan data, aplikasi mobile untuk berbagai keperluan, sistem informasi berbasis web, dan lain-lain.

Inovasi dan Kreasi Mahasiswa Universitas BSI

Deddy Supriadi selaku Kaprodi Sistem Informasi Universitas BSI kampus Tasikmalaya mengatakan acara ini tidak hanya memberikan pengalaman berharga bagi para mahasiswa untuk mengembangkan keterampilan teknis dan presentasi, tetapi juga memperluas jaringan profesional mereka dengan berbagai pihak terkait industri dan akademisi.

“Kami sangat bangga dengan kreativitas dan dedikasi yang ditunjukkan oleh mahasiswa-mahasiswa kami dalam acara ini. Pameran Karya Mahasiswa menjadi bukti nyata bahwa generasi muda memiliki potensi besar dalam menghadapi tantangan teknologi informasi di masa depan,” ujar Deddy.

Ia menambahkan, diskusi yang terjalin tidak hanya memperkaya pemahaman tentang teknologi informasi, tetapi juga mengilhami ide-ide baru untuk pengembangan solusi inovatif yang relevan dengan kebutuhan industri saat ini. Beberapa proyek yang mendapat sorotan dalam pameran antara lain aplikasi manajemen data berbasis AI untuk meningkatkan efisiensi operasional, sistem informasi penjualan di berbagai bidang, serta perancangan UI/UX berbasis web dan mobile.

Baca juga : Universitas BSI Kampus Tasikmalaya Berikan Pelatihan Aplikasi Stunting di Kecamatan Jamanis Kabupaten Tasikmalaya

“Kami percaya bahwa keberhasilan acara ini tidak hanya terlihat dari jumlah peserta yang hadir, tetapi juga dari dampak yang diberikan kepada mahasiswa dalam mengaplikasikan pengetahuan yang mereka dapatkan dalam lingkungan nyata,” tambahnya.

Sebagai Kampus Digital Kreatif, Universitas BSI berkomitmen untuk terus mendukung dan mengembangkan potensi potensi kreativitas mahasiswa dalam menghadapi tantangan teknologi informasi yang semakin kompleks. Dengan mengintegrasikan pendidikan yang berbasis riset dan inovasi, Universitas BSI berharap dapat terus menghasilkan lulusan yang siap bersaing di dunia industri global. (LAG)

Leave A Reply

Your email address will not be published.