Petani Lele ‘Melek Teknologi’, Pelatihan PowerPoint Bikin Promosi Jadi Keren

0 36

BSINews, Bekasi —  Dalam rangka melaksanakan kewajiban Tridharma Perguruan Tinggi, dosen Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) mengadakan program pengabdian masyarakat dengan memberikan pelatihan Microsoft Office (PowerPoint) bagi para petani lele di kelompok Tani Lele Sumber Jaya, Tambun Selatan, Bekasi. Kegiatan ini dilaksanakan secara offline, langsung di lokasi para petani lele, dan berlangsung selama satu hari pada Minggu, 23 Juni 2024.

Pelatihan yang diikuti oleh sepuluh orang dari kelompok Tani Lele Sumber Jaya ini dipandu oleh dosen Eneng Iviq Hairo, beserta tim anggota yang terdiri dari Irwin Sukrisno, Isyana Emita, Rohani Lestari  serta mahasiswa Tiara Zahira dan Tasya Berliana. Mereka memberikan pembelajaran langsung tentang penggunaan Microsoft PowerPoint, sebuah alat yang penting untuk menciptakan penyajian data dan informasi secara menarik dan sederhana, serta untuk menyajikan penjelasan kepada konsumen.

Baca juga : Program Studi Perhotelan Universitas BSI Mengadakan Kegiatan Pelatihan Artistry On A Plate Untuk Persiapan Lomba Mahasiswa

Kegiatan ini berlangsung dari pukul 08.00 hingga 11.30 WIB dan berjalan dengan tertib dan lancar. Peserta menunjukkan antusiasme tinggi selama pelatihan. Irwin Sukrisno, ketua pengabdian masyarakat, menyatakan, “Peserta sangat antusias dalam mengikuti kegiatan yang berlangsung sejak pagi sampai siang hari.”

Irwin juga menjelaskan bahwa pelatihan ini memberikan pengetahuan praktis tentang pemanfaatan PowerPoint sebagai sarana untuk menyimpan materi, data, dan penjelasan kepada konsumen agar lebih menarik dan efisien.

Petani Lele ‘Melek Teknologi, Pelatihan PowerPoint

“Kami berharap kelompok Tani Lele Sumber Jaya dapat mengembangkan usahanya secara lebih aktif dan efisien dibandingkan menggunakan pemaparan materi ke konsumen secara manual,” tambah Eneng Iviq.

Isyana Emita turut memberikan tanggapannya, “Melalui pelatihan ini, kami berharap kelompok Tani Lele Sumber Jaya dapat mengoptimalkan penggunaan PowerPoint untuk memberikan penjelasan kepada konsumen dan sekaligus sarana promosi produk.”

Dengan kemampuan baru ini, diharapkan para petani lele dapat lebih efektif dalam menyampaikan informasi tentang produk mereka kepada calon konsumen, sehingga dapat meningkatkan daya saing dan memperluas pasar.

Baca juga : Universitas BSI Kampus Tasikmalaya Berikan Pelatihan Aplikasi Stunting di Kecamatan Jamanis Kabupaten Tasikmalaya

Kegiatan pengabdian masyarakat ini tidak hanya memberikan keterampilan teknis tetapi juga menanamkan semangat inovasi dan adaptasi teknologi di kalangan petani lele. “Pelatihan ini membuka mata kami bahwa teknologi bisa sangat membantu dalam usaha kami,” ujar salah satu peserta pelatihan dengan penuh semangat.

Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan kerjasama antara Universitas BSI  dan kelompok Tani Lele Sumber Jaya dapat terus berlanjut, memberikan manfaat yang lebih besar bagi masyarakat, dan mendorong kemajuan di bidang pertanian dan teknologi informasi. Para petani lele kini tidak hanya handal dalam budidaya, tetapi juga siap memanfaatkan teknologi untuk kemajuan usaha mereka. (LAG)

Leave A Reply

Your email address will not be published.