Sosialisasi PKL ala Prodi Informatika Universitas BSI, Dosen, Siapkan Strategi Terbaik untuk Mahasiswa!

0 17

BSINews, Jakarta — Program Studi Informatika Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) menggelar sosialisasi Praktik Kerja Lapangan (PKL) bagi para dosen melalui platform daring. Acara yang berlangsung pada Selasa, 2 Juli 2024 ini bertujuan untuk membekali dosen, khususnya dosen penasehat akademik, dengan pemahaman mendalam tentang persiapan yang diperlukan untuk membimbing mahasiswa selama menjalani PKL.

Sumanto, Ketua Prodi Informatika di Universitas BSI sekaligus narasumber utama, menekankan pentingnya peran dosen dalam membantu mahasiswa mempersiapkan diri menghadapi dunia kerja.

Baca juga : PKL? Siapkan Dirimu! Universitas BSI Sosialisasikan Praktik Kerja Lapangan untuk Mahasiswa Informatika

“PKL adalah kewajiban bagi mahasiswa untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang dunia kerja. Selain melibatkan aspek PKL itu sendiri, mahasiswa juga diharapkan menyiapkan komponen-komponen seperti proposal dan laporan PKL,” ujar Sumanto pada acara tersebut.

Sosialisasi PKL ala Prodi Informatika Universitas BSI, Dosen

Dalam sesi tersebut, Sumanto mengimbau para dosen penasehat akademik untuk memberikan panduan dan arahan yang jelas kepada mahasiswa. “Dosen penasehat akademik harus memastikan bahwa mahasiswa memahami pedoman PKL dan mengikuti arahan yang diberikan agar pelaksanaan PKL berjalan lancar,” tambahnya.

Selain Sumanto, acara ini juga menghadirkan Akmaludin sebagai narasumber yang menjelaskan berbagai regulasi terkait pelaksanaan PKL. “Beberapa regulasi PKL termasuk kewajiban untuk menyelesaikan PKL dalam jangka waktu minimal 3 bulan dan maksimal 6 bulan. Hal ini dengan catatan bahwa PKL yang dijalani harus berhubungan dengan bidang Teknologi Informasi (IT), sesuai dengan fokus Program Studi Informatika Universitas BSI yang bergerak di ranah IT,” jelas Akmaludin.

Baca juga : SMKN 1 Tangerang Selatan Siap Gaet Dunia Digital, Siswa PKL Dibekali Ilmu dari Ahli Teknologi!

Dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan para dosen dapat memberikan bimbingan yang lebih efektif kepada mahasiswa, sehingga mereka dapat menjalani PKL dengan baik dan memperoleh pengalaman berharga yang relevan dengan bidang IT. Sumanto menutup acara dengan pesan motivasi kepada para dosen, “Mari kita bersama-sama membimbing mahasiswa kita menuju masa depan yang cerah melalui bimbingan PKL yang tepat dan terarah.”

Sosialisasi ini menjadi langkah awal yang penting dalam memastikan mahasiswa Program Studi Informatika Universitas BSI siap menghadapi dunia kerja dengan bekal pengetahuan dan pengalaman yang memadai. (LAG)

Leave A Reply

Your email address will not be published.