PKL? Siapkan Dirimu! Universitas BSI Sosialisasikan Praktik Kerja Lapangan untuk Mahasiswa Informatika

0 13

BSINews, Jakarta — Program Studi Informatika Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) menggelar sosialisasi Praktik Kerja Lapangan (PKL) bagi mahasiswa melalui platform online. Acara ini berlangsung pada Selasa, 2 Juli 2024, dengan Sumanto, Ketua Prodi Informatika di Universitas BSI, sebagai narasumber utama.

Sumanto menjelaskan bahwa tujuan dari sosialisasi PKL ini adalah untuk memberikan pemahaman yang komprehensif kepada mahasiswa mengenai persiapan yang diperlukan sebelum memasuki dunia kerja melalui PKL. “PKL bukan sekadar kewajiban akademik, tetapi juga tanggung jawab yang harus dipenuhi oleh mahasiswa untuk mendalami dunia kerja lebih dalam,” ujar Sumanto.

Baca juga : Prodi Teknik Industri Universitas BSI Gelar Sosialisasi Praktik Kerja Lapangan (PKL)

Dalam penjelasannya, Sumanto menekankan pentingnya aspek-aspek seperti penyusunan proposal dan laporan PKL. “Mahasiswa harus menyiapkan proposal dan laporan PKL dengan cermat. Ini bukan hanya tentang menjalani PKL, tetapi juga tentang bagaimana merencanakan dan mendokumentasikan pengalaman tersebut,” tambah Sumanto.

Universitas BSI Sosialisasikan Praktik Kerja Lapangan

Ia juga memberikan nasihat penting kepada mahasiswa untuk memahami pedoman PKL dengan lebih rinci dan selalu mengikuti arahan dari dosen penasehat akademik. “Penting bagi mahasiswa untuk memahami pedoman PKL dengan baik dan mengikuti arahan dosen penasehat akademik agar pelaksanaan PKL berjalan lancar,” katanya.

Selain itu, Sumanto juga menjelaskan sejumlah peraturan terkait pelaksanaan PKL. “Beberapa aturan PKL termasuk persyaratan untuk menyelesaikan PKL dalam rentang waktu minimal 3 bulan dan maksimal 6 bulan. Namun, ditekankan bahwa PKL yang dijalani harus memiliki relevansi dengan bidang Teknologi Informasi (IT), sesuai dengan fokus Program Studi Informatika Universitas BSI yang bergerak di ranah IT,” jelas Sumanto.

Baca juga : Prodi Manajemen Universitas BSI Gelar Sosialisasi PKL/Magang

Dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan mahasiswa Program Studi Informatika Universitas BSI dapat lebih siap dalam menghadapi dan menjalani PKL, serta memperoleh pengalaman berharga yang relevan dengan bidang IT. Sosialisasi ini juga menjadi langkah awal yang penting bagi mahasiswa untuk mempersiapkan diri memasuki dunia kerja yang sebenarnya.

Sumanto mengakhiri sosialisasi dengan pesan penyemangat, “Ini adalah kesempatan bagi kalian untuk belajar langsung di lapangan. Manfaatkan waktu PKL ini sebaik-baiknya untuk mengasah kemampuan dan mendapatkan pengalaman yang akan berguna di masa depan.” (LAG)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.