BOGOR, BSINews – Copywriting merupakan tulisan yang disampaikan melalui media online atau media cetak yang biasa digunakan untuk memasarkan sesuatu. Tulisan itu untuk mempengaruhi dan meyakinkan satu atau sekumpulan orang terhadap suatu produk.
Berdasarkan hal itu, Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Bogor bersama SMK YMA Megamendung, sukses melangsungkan workshop secara daring, Rabu (24/12).
Baca Juga : Pelatihan Copy Writing Media Sosial
Kegiatan yang bertajuk ‘Make Your Content More Powerfull With Copywriting’ ini merupakan salah satu bentuk kerja sama antara Universitas BSI kampus Bogor dan SMK YMA Megamendung dalam pengembangan dan peningkatan keilmuan para siswa/i.
Workshop yang dipandu oleh Reskhy Permana ini, menghadirkan Ibnu Alfarobi selaku dosen Universitas BSI dan diikuti ratusan peserta yang terdiri dari mahasiswa, pelajar dan tenaga pendidik.
7 elemen copywriting
Kepala kampus Universitas BSI kampus Bogor, Mahmud Safudin mengatakan, dalam pelatihan ini peserta dibekali dasar ilmu dan komponen penting dalam menyusun copywriting untuk sebuah konten.
“Peserta juga diberikan contoh konten dengan copywriting sebagai referensi dari hasil pengenalan copywrtingnya,” ujar Mahmud, Kamis (2/12).
Ibnu dalam pemaparan materinya menjelasakan makna dari copywriting dan 4 poin utama apa yang disebut dengan copywrting, yaitu tulisan, memasarkan, mempengaruhi & meyakinkan, dan membuat pembaca melakukan sesuatu.
“Copywriting bukan jualan! Copywrting adalah penyampaian komunikasi untuk sebuah konten dengan tujuan agar pembaca melakukan sesuatu terhadap konten yang disajikan,” pungkas Ibu, Kamis (2/12).
Ia juga menjelaskan, elemen-elemen penting dalam persiapan menyusun copywriting. Menurutnya elemen–elemen dalam copywriting sangat menentukan keberhasilan dalam membuat copywriting.
“Ada 7 elemen penting dalam copywrting, antara lain headline, pengantar, detil manfaat, penawaran, alasan, CTA (call to Action) dan terakhir adalah NB (Notabene),” jelasnya.
Baca Juga : Dosen UBSI Berikan Sosialisasi E-SPPT & PBB
Disisi lain, Zema siswi kelas 12 SMK YMA Megamendung menyebutkan bahwa, pelatihan kali ini banyak memberi tambahan informasi dan ilmu baru seputar pembuatan konten agar menarik dengan copywriting yang tepat.
“Semoga ada kelanjutan pelatihan berikutnya yang diadakan oleh Universitas BSI di SMK YMA Megamendung,” ujarnya.(MKU)
[…] Baca Juga : Copywriting Sebagai Media Pemasaran & Periklanan […]
[…] Baca Juga:Copywriting Sebagai Media Pemasaran & Periklanan […]