Profesionalisme Profesi Administrasi Perkantoran di Era Digital

0 648

JAKARTA, BSINews – Program studi (prodi) Administrasi Perkantoran, Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) sukses mengadakan webinar profesionalisme dengan tema ‘Profesi Administrasi Perkantoran di Era Digital’. Kegiatan webinar profesionalisme tersebut digelar lewat zoom pada Jumat (19/11) silam pada pukul 13.00 hingg 15.00 WIB.

Dipandu oleh Teni Agustina, narasumber yang dihadirkan ialah Ferry Faried selaku Marketing Manager PT. Bino Mitra Sejati (Bantex) dan Ibu Sylvia Liya Kurnia selaku Secretary of Director PT. BCA Multifinance yang juga merupakan alumni Universitas BSI tahun 2012.

Baca Juga : Prodi Humas UBSI Gelar Webinar Strategi Penulisan dan Publikasi Internasional

webinar profesionalisme

Idah Yuniasih selaku Kaprodi Administrasi Perkantoran Universitas BSI mengatakan bahwa kegiatan webinar profesionalisme ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa Prodi Administrasi Perkantoran tentang pentingnya dalam pengelolaan dokumen arsip secara digital dan memahami tugas-tugas penting yang harus dilakukan oleh seorang sekretaris.

“Tentunya di era digital seperti sekarang ini memberikan dampak positif yaitu menjadikan pekerjaan-pekerjaan secara manual beralih menjadi digital sehingga mempermudah secara waktu menjadi efektif dan efisien, oleh karenanya dibutuhkan soft skill. Pengetahuan serta keterampilan untuk bisa bersaing dan bisa survive di era digital ini supaya menjadi manusia yang survive dan bisa memenuhi tantangan di zaman nya, “ujar Idah dalam rilis yang diterima, Selasa (7/12).

Ferry Faried menjelaskan pentingnya dalam pengelolaan arsip digital, yang meliputi capture (tahap penciptaan) : scan, foto, program kemudian yang kedua indexing (tahap Penyusunan), ketiga store (tahap penyimpanan), cloud (google drive, dropbox, ms onedrive; premises (server perusahaan); internal dan external memory, yang keempat adalah retrival (pengambilan kembali), Workflow (alur arsip dan jadwal retensi arsip).

Baca Juga : Beri Pelatihan Tool Orange, Universitas BSI Sukses Adakan Webinar Dalam Pengolahan Data

Sementara itu, Sylvia Liya Kurnia menyampaikan tugas-tugas dari sekretaris seperti mengatur jadwal pimpinan, menerima telepon, menerima tamu, mengelola petty cash, tugas administrasi.

“Tugas-tugas penting yang harus dilaksanakan sebagai sekretaris memiliki beberapa jobdesk diantaranya mengatur perjalanan dinas dan tugas lainnya, seperti mengirmkan karangan bunga, mengirimkan kue ulang tahun, mempersiapkan makan siang, snack meeting, mengelola laporan dan kegiatannya,” tutup Sylvia.(Dinar)

Leave A Reply

Your email address will not be published.