Melalui Pogram MBKM, Dukung Perguruan Tinggi Capai IKU

1 47

Jakarta, BSINews – Saat ini Program Merdeka Belajar- Kampus Merdeka (MBKM), mulai diterapkan oleh sejumlah perguruan tinggi. Kampus Merdeka (MBKM), merupakan program dari Kemendikbudristek, yang didalamnya menawarkan beberapa program, salah satunya adalah Kampus Mengajar.

Dalam mendukung program MBKM, Universitas BSI (Bina Sarana Informatika), Program Studi (Prodi) Sistem Informasi mengadakan sosialisasi MBKM Program Kampus Mengajar Batch 3 2022, untuk Dosen dan Mahasiswa, pada Rabu (8/12).

Baca Juga : Keren ! Mahasiswa Universitas BSI Lolos Program MBKM BRIN

Kegiatan sosilisasi ini, dibagi menjadi dua sesi, dengan sesi pertama untuk dosen yang dimulai pukul 10.00–12.00 dan sesi kedua untuk mahasiswa dilaksanakan setelahnya pukul 13.00–15.00. Kegiatan sosialisasi ini, menghadirkan beberapa pembicara diantaranya, Muhamad Sony Maulana, Hasanudin, Dede Firmansyah Saefudin, Abdussomad, serta dibantu Deddy Supriadi selaku moderator, yang semuanya selaku dosen Universitas BSI.

Muhamad Sony, Ketua Prodi Sistem Informasi, Universitas BSI kampus Pontianak, sekaligus PIC Kampus Mengajar Universitas BSI, menjelaskan mengenai kriteria-kriteria kampus mengajar dari sisi mahasiswa dan dosen. Ia menuturkan bahwa, peran mahasiswa dalam kampus mengajar, sangat berarti terutama dalam pembelajaran.

“Kontribusi mahasiswa dalam kegiatan kampus mengajar yaitu membantu guru dalam melaksanakan pembelajaran literasi dan numerasi, membantu beradaptasi dalam penggunaan teknologi dalam pembelajaran secara daring maupun luring, serta mendukung kepala sekolah dalam bidang administrasi dan manajerial,” jelas Sony.

Menurut Sony, untuk dapat mengikuti kegiatan ini, harus mengikuti proses seleksi terlebih dahulu, dimana peserta harus mendaftarkan diri sebagai calon peserta kampus mengajar. Pendaftaran sesi ke-3 ini telah dibuka sejak tanggal 25 November-10 Desember 2021, dilanjutkan dengan seleksi peserta dari 13-24 Desember 2021.

Setelah itu, ditahap selanjutnya merupakan pembekalan yang digelar pada 3-31 Januari 2022, pemberangkatan 3-14 Januari 2022, serta penugasan dari 10 Januari 2022 sampai dengan 10 Juni 2022.

Sony menambahkan, kegiatan program kampus mengajar, banyak memberikan manfaat, baik bagi perguruan tinggi maupun mahasiswa.

Baca Juga: Universitas BSI Bekali Lulusan Melalui Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)

“Manfaat terbesar diperoleh bagi perguruan tinggi dari program ini adalah mendukung perguruan tinggi untuk mencapai Indikator Kinerja Utama (IKU). Hal tersebut karena banyaknya jumlah mahasiswa yang akan mendapatkan pengalaman di luar kampus,” imbuh Sony.

Diakhir kegiatan sosialisasi ini, Sony mengajak kepada seluruh peserta, baik dosen dan mahasiswa yang hadir, untuk ikut mendaftar pada halaman https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/ batch 3 dan semuanya tervalidasi seleksi lolos sebagai peserta pendampingan untuk mahasiswa dan DPL (Dosen Pendamping Lapangan) untuk dosen. (RDX)

1 Comment
  1. […] Baca Juga: Melalui Pogram MBKM, Dukung Perguruan Tinggi Capai IKU […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.