Pemanfaatan Media Pembelajaran Daring di Masa Pandemi

0 58

BSINews, Jakarta – Dampak dari pandemi Covid 19, sangatlah besar hingga dapat dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat di berbagai bidang, salah satunya di bidang pendidikan.

Keterbatasan dalam waktu pembelajaran tatap muka, menyebabkan belajar menjadi terhambat. Dimana penyampaian pembelajaran kadang terlewatkan.

Memahami kondisi ini, Dosen Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) memberikan pelatihan pemanfaatan pembelajaran secara daring.

Baca Juga : Metode Pembelajaran Daring, Bisa Efektif dengan Materi Video Pembelajaran

Tim dosen yang terdiri dari Hadi Wibowo, Ida Hendarsih, dan Diana Tambunan, melakukan pengabdian masyarakat berupa workshop pemanfaatan zoom meeting sebagai media pembelajaran pada  masa pandemi covid-19 di Pesantren Tekno Qurani, Kelurahan Joglo, Kembangan, Jakarta Barat, pada Jumat (28/1) silam.

Hadi Wibowo, selaku tutor mengungkapkan, para guru harus memahami karakter santri agar pesan yang disampaikan mendapatkan respon dan feedback dari santri.

Baca Juga : Tren Pembelajaran Hybrid, Saat PTM Dibuka

“Media pembelajaran daring, menjadi inovasi dalam pemanfaatan teknologi di bidang pendidikan. Banyak sekali media pembelajaran daring yang diterapkan selama pandemi Covid-19, salah satunya zoom meeting. Zoom meeting dianggap lebih efektif diterapkan pada pembelajaran daring yang dapat menambah wawasan bagi santri dan guru,” ujar Hadi dalam rilis yang diterima, Kamis (10/2).

Zoom meeting menjadi salah satu platform yang memiliki jutaan pengguna di seluruh dunia. Melalui zoom, komunikasi antara santri dan guru tidak lagi mengalami kendala, karena para guru dapat memberikan pembelajaran kepada para santri.

Baca Juga : Efektifkan Pembelajaran Daring, dengan Materi dari Video Pembelajaran

Para guru harus mampu menampilkan kreativitas mereka, dalam penyampaian materi pembelajaran agar para santri tidak mudah bosan.

“Semoga dengan adanya pelatihan ini, pembelajaran keagamaan yang dilakukan oleh santri meningkat, serta para guru tidak akan kesulitan dalam menyampaikan pembelajaran kepada para santrinya. Para santri juga akan mendapatkan informasi yang akurat, karena berkomunikasi secara temu muka melalui aplikasi zoom. Selain itu, pelatihan ini juga mengajak para santri dan guru, agar lebih bijak lagi dalam menggunakan pembelajaran daring untuk meningkatkan kreativitas,” tutupnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.