Langkah Mudah Memulai Toko Online Pada Marketplace

0 69

Jakarta, BSINews – Istilah Marketplace mungkin sudah tidak asing bagi sebagian masyarakat baru-baru ini, padahal istilah marketplace adalah bahasa inggris dari kata ‘pasar’.

Namun untuk lebih detilnya Marketplace merupakan suatu platform di mana memiliki tugas sebagai perantara antara penjual dan pembeli untuk melakukan proses transaksi produk secara daring.

Sekelompok dosen program studi (prodi) Teknologi Komputer Fakultas Teknik dan Informatika Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) yang beranggotakan Acmad Nurhadi, Elly Mufida, Nandang Iriadi, Giatika Chrisnawati, dan dibantu beberapa mahasiswa melakukan pengabdian masyarakat (PM) bagi warga binaan Yayasan Bakti Tunas Muda Jakarta, Sabtu (26/3).

Baca juga: Tingkatkan Pengelolaan Keuangan Lewat Pelatihan Pembuatan Laporan Keuangan

PM ini dilakukan secara daring melalui media zoom, dimulai dengan sambutan dari Elly Mufida serta sambutan dari Ketua Yayasan Bakti Tunas Muda Jakarta, Budi Setiawan.

Pelatihan pembuatan marketplace

Elly mengatakan, tujuan adanya PM ini agar dapat memberi penyuluhan kepada warga binaan Yayasan Bakti Tunas Muda bisa memulai bisnis online dengan perencanaan yang bagus dan matang.

Setelah itu tutor mulai menyampaikan materi mengenai bagaimana memulai bisnis toko online menggunakan media marketplace. Mulai dari bagaimana mencari ide suatu produk yang ingin dijual, mencari target konsumen yang dituju serta bagaimana membuat suatu toko online pada salah satu marketplace.

Baca juga: Pelatihan Penghitungan dan Pengisian SPT PPh Pasal 21

“Marketplace atau pasar daring juga menyediakan berbagai fasilitas seperti metode pembayaran, estimasi pengiriman, pemilihan produk sesuai kategori, dan fitur yang lainnya,” ungkap tutor PM Universitas BSI, Sabtu (26/3).

Sementara itu, Budi Setiawan selaku ketua Yayasan Bakti Tunas Muda Jakarta mengatakan, warga binaan sangat antusias sekali dengan apa yang disampaikan oleh tutor dari dosen Universitas BSI.

“Karena materi yang diberikan oleh tutor dari dosen Universitas BSI sangat mereka butuhkan dalam keadaan zaman ini yang sudah berbasis digital, di mana warga binaan bisa membuat suatu toko online untuk memulai suatu usaha,” tandas Budi.(ACH)

Leave A Reply

Your email address will not be published.