Penguatan Ekonomi UMKM Naik Kelas Melalui Optimalisasi Pelayanan Prima

0 181

BSINews, Jakarta- Pemulihan ekonomi nasional harus dimulai dari upaya pemulihan terhadap sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Sebagai salah satu  pilar terpenting  UMKM memiliki peran penting terhadap perekonomian Indonesia. Keberhasilan UMKM dalam kegiatan bisnisnya tidak lepas dari hubungan baik dengan pelanggannya. Sukses dalam menciptakan hubungan baik dan kepuasan pelanggan sangat tergantung pada keterampilan dalam memberikan layanan kepada pelanggan. Karena itu penting sekali memberikan ketrampilan tentang pelayanan prima kepada UMKM.

Baca Juga : Meningkatkan Motivasi Umkm Dalam Menerapkan Pemasaran Online Komunitas UMKM Naik Kelas Kabupaten Bogor

Untuk itu para dosen dan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) melaksanakan kegiatan pengabdian  masyarakat  kepada UMKM Naik Kelas Kadin Pusat, yang besekretariat di Menteng Jakarta Pusat, Sabtu  (26/3) .

Dedy Syahyuni selaku ketua kelompok mengatakan bahwa pelatihan pelayanan prima diadakan guna   memberi pengetahuan dan keterampilan praktis kepada para pelaku usaha  UMKM Naik Kelas  dalam memahami dan mengimplementasikan kemampuan pelayanan prima. Mengingat   kepuasaan pelanggan dapat mempengaruhi  loyalitas pelanggan sehingga bisnis menjadi tumbuh.

“Lewat pengabdian masyarakat ini kami berharap para pelaku UMKM Naik Kelas memiliki ketrampilan dalam melakukan pelayanan prima kepada pelanggannya, sehingga usaha UMKM semakin berkembang, yang pada akhirnya berpengaruh terhadap penguatan ekonomi nasional,” kata Dedy Syahyuni.

Sementara itu, Nenden Sukarsih sebagai peserta pelatihan mengatakan bahwa  dengan pelatihan pelayanan prima ini telah membuka wawasan saya tentang pentingnya memberikan pelayanan terbaik untuk mempertahankan pelanggan. Selain itu  memotivasi saya untuk lebih baik dalam melakukan pelayanan agar pelanggan tetap setia membeli produk saya.

Baca Juga:  UBSI Sukses Gelar Penyuluhan UMKM Naik Kelas Kota/Kab. Bogor

“Diharapkan dapat memotivasi para peserta UMKM Naik Kelas untuk  mengutamakan pelayanan prima dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan,” tutupnya. (RDX)

Leave A Reply

Your email address will not be published.