Pengembangan Evaluasi Pembelajaran Lewat Aplikasi Quizizz

0 2

Depok, BSINews – Kegiatan belajar mengajar yang masih diselenggarakan secara online, membuat para guru masih mengandalkan cara konvesional dalam melakukan kegiatan evaluasi pembelajaran. Hal ini membuat dosen Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) menggelar kegiatan pengabdian masyarakat (PM) dengan tema pengembangan evaluasi pembelajaran lewat aplikasi Quizizz, Sabtu (22/3) silam.

Suminten selaku ketua pelaksana mengungkapkan bahwa kegiatan ini ditujukan kepada mitra TPQ Darul Hikmah, Masjid Jami’ Darul Hikmah, Depok. Menurutnya selama ini para guru hanya menyuruh peserta didik mengirimkan foto hasil pengerjaan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) dan dikirim melalui grup Whatsapp.

Baca jugaPelatihan Penghitungan dan Pengisian SPT PPh Pasal 21

“Sistem ini membuat peserta didik tampak kurang antusias saat pelaksanaan evaluasi berlangsung, dengan terlihatnya semakin berkurang jumlah peserta didik yang mengumpulkan hasil evaluasi dikarenakan cara yang dilakukan cenderung monoton. Sehingga untuk mengatasi hal tersebut, kami memberikan pelatihan penggunaan aplikasi Quizizz,” ujarnya dalam rilis yang diterima, Senin (4/4).

Aplikasi Quizizz

Ia menambahkan, bahwa aplikasi ini dapat digunakan dalam mengembangkan tes evaluasi pembelajaran. Manfaat yang dapat diperoleh menggunakan aplikasi tersebut adalah grading otomatis. Selain itu, siswa juga tidak dapat mencontek karena soal yang diberikan kepada siswa satu dan lainnya dibuat teracak.

Baca jugaPengelolaan Keuangan Usaha Kecil dengan Aplikasi Buku Kas

“Untuk menggunakan Quizizz, para guru hanya perlu masuk ke laman http://quizizz.com/ , kemudian daftar melalui akun google dan memilih peran sebagai guru. Setelah itu para guru bisa membuat nama kuis dan mata pelajaran yang relevan, kemudian membagikan linknya kepada siswa. Nantinya siswa bisa mengetahui secara langsung point nilai secara keseluruhan,” tutupnya. (LAG)

Leave A Reply

Your email address will not be published.