Pemanfaatan Strategi Pemasaran Lewat Media Sosial

0 9

Bogor, BSINews – Dosen Fakultas Teknik dan Informatika (FTI), Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) sukses melakukan pengabdian masyarakat berupa sosialisasi strategi pemasaran lewat media sosial, kepada pelaku UMKM Pabuaran, Bogor, pada Minggu (27/3) silam.

Ela Nurlela selaku ketua pelaksana menjelaskan mampu beradaptasi dengan teknologi menjadi suatu keharusan pada sendi kehidupan. Penggunaan media sosial sebagai salah satu wujud kemampuan beradaptasi dengan teknologi. Menurutnya, media sosial jika digunakan sedemikian rupa dapat memberikan manfaat baik, salah satunya kegiatan jual beli barang dan jasa.

Baca juga: Pengembangan Evaluasi Pembelajaran Lewat Aplikasi Quizizz

“Hal ini membuat dosen Universitas BSI mengadakan pelatihan pemanfaatan  Tiktok, Instagram, Whatsapp, Youtube, Facebook dan Twitter sebagai sarana pemasaran produk dan jasa. Untuk menentukan target pemasaran, kita perlu mengetahui strategi marketing yang tepat sesuai dengan media yang digunakan,” ujarnya dalam keterangan rilis, Senin (4/4).

Pemasaran Lewat Media Sosial

Ia menambahkan, adanya pelatihan ini dapat menambah pengetahuan pelaku UMKM Paburuan terhadap pemasaran produk dan jasa. Selain itu, mereka juga dapat mengimplementasikan secara langsung ilmu yang dibagikan kepada jejaringnya. Pemasaran online dengan memanfaatkan media ini  dapat memudahkan pelaku UMKM menjaring konsumen lebih cepat dan banyak.

“Strategi pemasaran tersebut adalah menargetkan pengguna potensial, aktif dalam berinteraksi, gunakan hastag, tiru metode marketing flash sale, membuat konten serta tampilan foto yang seru dan menarik, gunakan gambar dengan kualitas yang baik, menggunakan influence dan hindari kampanye negatif terhadap pesaing,” jelasnya.

Baca juga: Strategi Pemanfaatan Tiktok Marketing untuk Bangun Bisnis Online

Tips dalam membuat konten marketing yang menarik adalah membuat konten yang berkualitas sesuai tren, konten harus mendefinisikan audiens, repurpose (gunakan kembali) ide konten, promosikan dan distribusikan konten, tetapkan tujuan serta konsisten. (LAG)

Leave A Reply

Your email address will not be published.