Sosialisasi Pelaporan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) Pajak Penghasilan Pasal 21

0 21

BSINews, Karawang-Dosen Program Studi Administrasi Bisnis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) mengadakan Pengabdian Masyarakat (PM)  yang bekerjasama dengan Aparatur Desa Cikampek Selatan, Karawang, Jawa Barat, Sabtu dan Minggu tanggal 9 dan 10 April 2022.

Baca Juga: Pelatihan Penghitungan dan Pengisian SPT PPh Pasal 21

Dede Mustomi selaku ketua pelaksana pengabdian masyarakat kali ini dibantu dengan beberapa orang tim dosen dan mahasiswa Universitas BSI, menjelaskan mengenai sosialisasi pelaporan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) pajak penghasilan pasal 21 untuk aparatur Desa Cikampek Selatan.

Menurutnya pajak merupakan salah satu sumber pendapatan negara yang menjadi pendorong ekonomi negara. Pajak digunakan untuk membiayai berbagai kegiatan yang menyangkut penyelenggaraan negara dan mebiayai pengeluaran-pengeluaran negara. Aparatur negara sebagai salah satu wajib pajak memiliki kewajibkan untuk membayar pajak dan melaporkannya melalui E-Filling.

“Metode yang kami gunakan dalam pengabdian masyarakat kali ini berupa sosialisasi dengan memberikan contoh bagaimana langkah-langkah melaporkan Surat Pemberitahuan Tahuan (SPT) pajak melalui E-Filling berupa layanan pajak online yang disediakan oleh DJP. Pelaksanaan pengabdian masyarakat kali ini langsung tatap muka dengan para peserta bertempat dikantor Desa Cikampek Selatan,” kata Dede.

Ia menuturkan bahwa pengabdian masyarakat bertujuan untuk mensosialisasikan bagaimana melaporkan pajak dari penghasilan yang diterima oleh para aparatur Desa Cikampek Selatan.

Baca Juga: Program Studi Manajemen Pajak Gelar Workshop Aplikasi Komputer Perpajakan E-SPT

“Semoga pengabdian masyarakat kali ini dapat memberikan manfaat yang besar dan pemahaman wajib pajak  yang dalam khususnya bagi aparatur Desa Cikampek Selatan. Wajib pajak harus melaporkan SPT setiap tahunnya sebagai bukti bahwa penghasilannya telah dipotong pemberi kerja. (RDX)

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.