Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan dengan Microsoft Office

0 31

Bogor, BSINews – Dosen Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Bogor sukses melakukan pengabdian masyarakat (PM). Mengusung tema pelatihan laporan keuangan menggunakan microsoft office, acara ini di gelar di Aula Komunitas Perempuan Indonesia Maju (PIM), Bogor pada Minggu (6/4) silam.

Anantha Zakharia selaku anggota PM Universitas BSI menuturkan bahwa kegiatan ini untuk memberikan wawasan dan pengetahusan dalam penggunaan microsoft office untuk menyusun laporan keuangan pada komputer dalam kehidupan sehari-hari.

Baca juga:Pencatatan Transaksi Keuangan Untuk Tingkatkan Akuntabilitas Laporan Keuangan

“Manfaat utama laporan keuangan adalah mengetahui secara detail arus keluar masuk keuangan atau penghasilan serta pengeluaran. Lewat laporan keuangan, kita juga bisa mengetahui kondisi finansial secara keseluruhan,” tuturnya dalam keterangan rilis, Kamis (14/4).

Pentingnya laporan keuangan, harus dibuat secara cermat, tepat dan pertanggungjawaban sebagai bahan evaluasi kedepannya. Laporan keuangan juga berperan penting dalam usaha, bahkan kesalahan perhitungan bisa mengakibatkan hal yang fatal dalam dunia bisnis.

Penyusunan Laporan Keuangan

“Sehingga kita harus bisa membuat laporan dengan berbagai cara, salah satunya memanfaatkan microsoft excel. Untuk mengoperasikan hal tersebut memang butuh ketelitian karena harus membandingkan kumpulan data secara akurat. Lewat laporan yang rapi, dapat memudahkan kita dalam melacak pengeluaran keuangan,” imbuhnya.

Ia menambahkan, alasan orang banyak memilih excel sebagai media laporan adalah dapat entri data secara otomatis, sehingga membuat waktu pengerjaan lebih efisien dan efektif. Excel juga memberikan fitur template yang dapat digunakan, seperti tabel pivot, analisa what If, hingga forecast sheets.

Baca juga: Universitas BSI kampus Karawang Berikan Pelatihan Pencatatan Keuangan dan Pengelolaan Kas

“Semoga dengan adanya pelatihan ini dapat menambah wawasan untuk menerapkan ilmu yang diberikan, sehingga laporan yang dibuat terlihat menarik dan mudah dimengerti,” tutup Anantha. (LAG) 

Leave A Reply

Your email address will not be published.