Pelatihan Perencanaan Bisnis Pada UMKM

0 101

BSINews, Tangerang-Karang Taruna merupakan Organisasi Sosial wadah pengembangan generasi muda yang tumbuh dan berkembang atas dasar kesadaran dan tanggung jawab sosial dari,  dan untuk masyarakat terutama generasi muda di wilayah desa atau kelurahan dan terutama bergerak di bidang Usaha Kesejahteraan Sosial (UKS), maupun UMKM.

Baca Juga: Sosialisasi Strategi Pemasaran Produk UMKM Agroindustri Berbasis E-Commerce

Fungsi Karang Taruna sebagai wadah pengembangan generasi muda, Karang Taruna merupakan tempat diselenggarakannya berbagai upaya atau kegiatan untuk meningkatkan dan mengembangkan cipta, rasa, karsa, dan karya generasi muda dalam rangka pengembangan sumber daya manusia (SDM).

Oleh karena itu sesuai fungsi Karang Taruna  dosen  Fakultas Ekonomi dan Bisnis  Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) bersama mahasiswa serta prodi Manajemen S1 Universitas BSI   melakukan kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (PM) bertempat di RW 023  Perumahan Permata Tangerang, Desa Gelam Jaya Kecamatan Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang Provinsi Banten dengan materi pembuatan perencanaan bisnis UMKM, pada hari Sabtu (9/4).

Mochamad Nandi selaku kepala kampus Univesitas BSI Tangerang menjelaskan bahwa  fungsi dosen harus melaksanakan Tri Dharmanya diantaranya melakukun PM ini untuk membantu masyarakat terutama Karang Taruna  dalam pengembangan SDM  dalam bidang UMKM pada masa pandemi Covid-19 ini.

Sementara itu, Herayati selaku tutor dalam pengabdian Universitas BSI  memaparkan materi usaha UMKM diantaranya mengenai pentingnya peranan UMKM dalam perekonomian masyarakat dan harus dikelola secara professional, serta perencanaan bisnis dilakukan dan  kiat  dalam mensukseskannya.

“Dengan terlaksannya kegiatan pengabdian ini diharapkan dapat menumbuhkan dan juga membantu Perumahan Permata Tangerang mengembangkan kemampuan usaha mikro kecil dan menengah. Agar usahanya dapat terlaksana dengan baik dan dapat dijalankan dengan tangguh dan mandiri. Meningkatkan adanya pemasukan dan juga struktur perekonomian,” kata Herayati.

Baca Juga: Pemanfaatan Instagram Bagi Pelaku UMKM

Disamping itu,  Sugiyanto selaku ketua  RW 023 mengucapkan berterima kasih atas materi pengabdian masyarakat dari dosenj Universitas BSI  dan berharap acara ini dapat berkelanjutan di kemudian hari dengan materi yang menarik lainnya. (RDX)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.