Ini Cara Gaet Perhatian Audiens Dari Media Sosial

0 55

BSINews, Jakarta-Transformasi digital merupakan perubahan yang berhubungan erat dengan penerapan teknologi digital dalam semua aspek kehidupan masyarakat yang semakin cepat. Transformasi tersebut, menuntut semua bidang untuk selalu berinovasi, salah satunya bidang public relations (PR).

Baca Juga: Media Sosial Sebagai Sarana Personal Branding & Bisnis

Hal ini membuat Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) menggelar Webinar BSI Digination dengan tema Digital Public Relations, pada Kamis (14/4) silam secara daring.

Jojo S Nugroho, seorang Managing Director Imogen PR dan Ketua Umum Asosiasi Perusahaan PR Indonesia (APPRI) hadir sebagai narasumber dalam webinar BSI Digination. Jojo dalam materinya, mengungkapkan bahwa, untuk mendapatkan perhatian audiens di era digital saat ini menjadi hal tersulit, karena audiens lebih suka fokus pada gadget.

“Bagaimanapun platformnya berubah, konten tetap menjadi raja. Konten dengan gambar dan video lebih banyak di like dan di share. Jadi, audiens lebih suka ketika kita menyampaikan pesan dengan video yang berdurasi pendek. Skill yang wajib dimiliki oleh PR di era digital adalah storytelling. Bagaimana kita bisa menceritakan pesan dengan baik, walaupun pesan itu punya data atau terminologi yang kompleks,” ungkapnya.

Ia menambahkan, berdasarkan riset yang dilakukan, faktor yang memengaruhi PR campaigns yang bagus atau keren adalah great storytelling. Untuk menarik audiens, harus memahami konsep dengan pendekatan storytelling lewat touch their logic, touch their emotions, touch their needs. Konsep selanjutnya adalah ceritakan dengan visual lewat foto, video, dan infografis.

“Terakhir adalah pendekatan dengan sederhana yakni informasi yang disampaikan kredibel, pesan ringkas atau tidak bertele-tele. Gunakan bahasa sederhana, ringan dan sopan, kreatif serta mendekatkan diri dengan audiens. Jangan lupa sentuh budaya dan kearifan lokal. Digital PR juga sangat penting untuk membangun bisnis, karena Indonesia memiliki pengguna aktif sosial media terbanyak dan selalu meningkat setiap harinya,” ujarnya.

Digital PR sangat berperan penting untuk membangun identitas brand, menambah reputasi bisnis, dan meningkatkan visabilitas search engine optimization (SEO) bisnis online.

Baca Juga: Kupas Tuntas Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial

Untuk membuat sosial media campaign strategy adalah pertama tentukan tujuan campaign, pilih key performance indicators (KPI) yang akan diukur, tentukan budget, analisis kompetitor, definisikan target audiens, ukur penghasilan, pilih channel digital terbaik dan tentukan pesan yang akan disampaikan. (RDX)

Leave A Reply

Your email address will not be published.