Dosen Universitas BSI Beri Pelatihan Tingkatkan Percaya Diri dengan Mengenal Potensi Diri

0 64

Jakarta, BSINews – Dosen Fakultas Ilmu Komunikasi (Ilkom) Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) sukses melakukan kegiatan pengabdian masyarakat (PM). Mengangkat tema pelatihan dan sosialisasi tingkatkan percaya diri dengan mengenal dan memahami potensi diri sendiri, kegiatan ini digelar untuk remaja Majelis Ta’lim Hidayatul Mubtadiin, Minggu (22/5).

Flora M. Siahaan selaku ketua pelaksana PM Universitas BSI mengatakan bahwa remaja Majelis
Talim Hidayatul Mubtadiin yang beranjak dewasa akan terjun dan berinteraksi dengan dunia luar, baik dalam kehidupan sosial maupun pekerjaannya. Sehingga remaja harus bisa tampil percaya diri dalam segala situasi dan kondisi.

Baca juga : Dosen Universitas BSI Berikan Pelatihan Personality Development dan Keterampilan Komunikasi

“Namun kenyataannya tidak semua orang mengalami hal yang sama, ada yang memang memiliki percaya diri yang tinggi dan ada juga yang tidak. Banyak faktor yang mempengaruhi sehingga seseorang tidak percaya diri untuk tampil, kebanyakan dari mereka karena ketidakyakinan akan kemampuan atau keterampilan yang dimiliki,” ujar Flora dalam rilis yang diterima, Senin (30/5).

Pelatihan Tingkatkan Percaya Diri Mengenal Potensi Diri

Rasa percaya diri secara sederhana bisa dikatakan sebagai suatu keyakinan seseorang terhadap segala aspek kelebihan yang dimilikinya dan keyakinan tersebut membuatnya merasa mampu untuk bisa mencapai berbagai tujuan di dalam hidupnya.

Remaja yang merupakan masa peralihan dari kanak-kanak menuju dewasa. Kepercayaan diri merupakan aspek kepribadian yang berfungsi untuk mendorong seseorang meraih kesuksesan. Dengan adanya pemahaman diri secara kuat maka seseorang bisa membangun rasa percaya dirinya secara cepat.

“Untuk itulah diperlukan pemahaman dan penerimaan seseorang terhadap kelemahan-kelemahan yang dimiliki untuk membangun rasa percaya diri tampil dan meraih apa yang menjadi cita-cita atau targetnya. Sangat penting, para remaja memiliki rasa percaya diri sehingga mampu
menyesuaikan diri dengan segala situasi dan mampu bersaing dengan dunia luar,” imbuhnya.

Baca juga : Tumbuhkan Rasa Percaya Diri Melalui Pelatihan Peningkatan Soft Skill

Sementara itu, Roosita Cindrakasih selaku tutor pelatihan menjelaskan bahwa untuk mengenali potensi diri sendiri  harus mengenali dan memahami terlebih dahulu kekuatan dan kelemahan diri sendiri. Percaya diri tampil dengan keyakinan atas pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki. Mampu menyesuaikan diri dengan segala situasi dan kondisi di dunia luar baik
dalam kehidupan sosial maupun pekerjaan. (LAG)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.