Tingkatkan Kualitas Luaran PM, Prodi Hubungan Masyarakat Universitas BSI Gelar Sosialisasi PM

0 113

BSINews, Jakarta–Program Studi (Prodi) Hubungan Masyarakat Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) telah menggelar sosialisasi yang berlangsung secara online via zoom dengan tema “Pengajuan Proposal Dan Peningkatan Kualitas Luaran Pengabdian Masyarakat Periode 2022-2023”, pada Jumat (15/7).

Hadir sebagai Narasumber, Titik Misriati dan Asriyani Sagiyanto sebagai staf LPPM Universitas BSI yang menangani bidang pengabdian masyarakat.

Baca Juga: LPPM Universitas BSI Ajak Dosen Untuk Tingkatkan Kualitas Luaran PM

Menurut Titik, pengelolaan proposal dan laporan pengabdian masyarakat (PM), saat ini sudah banyak, sedangkan untuk luaran seperti jurnal dan HKI masih harus ditingkatkan.

Ia ingin, dosen-dosen di Fakultas Komunikasi dan Bahasa Universitas BSI, bisa meningkatkan luaran PM dengan membuat jurnal PM dan publish pada jurnal PM yang terakreditasi, atau membuat buku kumpulan PM (Book Chapter) dengan tema besar yang sama, atau mengikuti prosiding baik nasional maupun internasional.

LPPM juga memberi kemudahan bagi para dosen, untuk mengirim pengajuan penerbitan jurnal PM untuk luaran yang maksimal. Sementara itu, kriteria pengajuan PM terdiri dari maksimal 4 orang dosen, 1 sebagai ketua dan 3 sebagai anggota, mahasiswa maksimal 10 orang. Jarak perguruan tinggi dengan mitra juga ada batasnya, maksimal 200 km.

“Pelaksanaan PM juga bisa oleh dosen berbeda program studi serta dosen dapat mengajukan 2 PM dalam 1 semester, dengan syarat tema, mitra dan pelaksanaan yang berbeda. Sedangkan pada mitra PM terbagi dalam 2, yakni mitra produktif dan mitra non produktif.

Ia menjelaskan, perbedaannya, jika mitra produktif setelah PM dapat meningkatkan atau menambah penghasilan. Sementara mitra non produktif dapat meningkatkan keterampilan, informasi dan kemampuan lainnya, diluar penghasilan.

Sementara itu, Ita Suryani selaku Kaprodi Hubungan Masyarakat Universitas BSI menyambut baik kegiatan ini, sebagai langkah menuju peningkatan hasil luaran pengabdian masyarakat dan sebagai upaya memaksimalkan profesionalisme dosen-dosen di lingkungan Fakultas Komunikasi dan Bahasa Universitas BSI.

Baca Juga: Tingkatkan Pengabdian Masyarakat, FEB Universitas BSI Gelar Sosialisasi

“Kegiatan ini dilakukan berkaitan dengan periode submit berkas Beban Kinerja Dosen (BKD) semester genap 2021-2022 dan menyambut semester ganjil 2022-2023, serta dalam rangka meningkatkan profesionalisme dan hasil luaran dari pengabdian masyarakat dosen-dosen Fakultas Komunikasi dan Bahasa Universitas BSI,” tutupnya.(RDX)

Leave A Reply

Your email address will not be published.