PPKM Tingkatkan Minat dan Bakat Berwirausaha Mahasiswa Universitas BSI

0 5

Jakarta, BSINews – Kegiatan awal perkuliahan yang diperuntukkan untuk calon mahasiswa baru (camaba) di Universitas BSI (Bina Sarana Informatika), tak seperti kampus lain dengan perpeloncoan atau ospek. Namun, mahasiswa baru malah akan dibagi ilmu dan motivasi, dengan salah satu kegiatannya yakni Pelatihan Pakar Kreativitas Mahasiswa (PPKM). Kegiatan ini telah berlangsung dengan sukses, di Universitas BSI kampus Dewi Sartika B, Cawang, Jakarta Timur, pada Sabtu (6/8) silam.

PPKM digelar untuk meningkatkan minat dan bakat camaba, dengan mengangkat tema ‘Digital Marketing: Memaksimalkan Peluang Menjadi Cuan’, yang menghadirkan Kukuh Panggalih, dosen Universitas BSI sebagai narasumbernya.

Baca juga: Lewat ORMIK 2022, Universitas BSI Sambut Mahasiswa Baru

PPKM Salah Satu Cara Sambut Maba

Kukuh menyampaikan dalam materinya bahwa, tahapan strategi marketing yang perlu dilakukan oleh generasi muda yakni melalui sebuah pesan/konten yang kemudian dibungkus dengan satu konteks kemudian dilakukan distribusi konten berkonteks pada audiens untuk suatu tujuan.

“Tips untuk melakukan iklan di media sosial yaitu pahami tujuan iklan, tentukan jenis konten, gabungkan antara visual dan teks (jumlah kata terbatas), tentukan target audiens, buat slogan dan caption yang menarik,” katanya.

Sementara itu, Susan Rachmawati selaku Staf Operasional Universitas BSI kampus Dewi Sartika B menyampaikan, wirausaha dapat dilakukan sejak dini melalui digital marketing. Sehingga mahasiswa nantinya, tidak hanya kuliah saja, tapi mampu menghasilkan uang sambil kuliah.

Baca juga: Sepakat Wujudkan Generasi Bertalenta Digital, Orang Tua Camaba Hadiri BKOT

“Hanya perlu tahu cara bagaimana memanfaatkan peluang menjadi cuan. Sehingga tema PPKM kali ini, dapat digunakan untuk membantu camaba dalam meningkatkan minat dan bakat berwirausaha. Selain itu, pada mata kuliah entrepreneurship, nantinya yang akan didapat mahasiswa, juga bisa menjadi wadah agar mahasiswa bisa mandiri berwirausaha,” terangnya.

Pada kesempatan yang sama, Zahra Emiliana salah satu peserta kegiatan PPKM menyebutkan bahwa, kegiatan ini sangat bermanfaat terutama untuk dirinya yang ingin memulai usaha sekaligus kuliah secara bersamaan.

“Adanya kegiatan ini cukup menarik minat saya dalam mengembangkan usaha, sekaligus dapat berbarengan dengan waktu kuliah. Ini keren sih, kita belum masuk kuliah aja udah di kasih pelatihan. Beda sama kampus lain, tidak ada ospek-ospek,” ujarnya.(ACH)

Leave A Reply

Your email address will not be published.