Pelatihan Pengisian dan Pelaporan SPT Tahunan Pajak Penghasilan

0 71

Bogor, BSINews — Dosen Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) telah mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat (PM). Mengusung tema “Pelatihan Pengisian dan Pelaporan SPT Tahunan Pajak Penghasilan”, acara ini diikuti oleh pegawai kantor desa Kota Baru, Kecamatan Ciomas, Bogor, Jumat (9/9).

Wiwik Widiyanti selaku ketua pelaksana PM Universitas BSI mengatakan Anggaran dan Pendapatan  Belanja Negara (APBN) sebagian besar berasal dari pajak yang dibayarkan oleh masyarakat. Pajak ini sebagai salah satu bukti kontribusi masyarakat terhadap pembangunan di negara ini.

Baca juga : Pelatihan Pengolahan dan Visualisasi Data Keuangan

“PPH pasal 21 adalah pasal yang menyebutkan tentang pemotongan atas penghasilan yang dibayarkankepada orang pribadi sehubungan dengan pekerjaan, jabatan, jasa dan kegiatan. Pajak penghasilan ini dilaporkan setiap tahunnya melalui web DJP Online paling lambat tanggal 31 Maret,” ujarnya dalam keterangan rilis, Selasa (13/9).

SPT Tahunan Pajak Penghasilan

Menurutnya, masih banyak yang belum memahami dalam menghitung dan mengisi SPT Tahunan Pajak Penghasilan ini. Termasuk pegawai kantor desa Kota Batu, Kecamatan Ciomas, Bogor.

Sementara itu, Herdiansyah salah satu peserta pelatihan mengungkapkan pelatihan ini sangat bermanfaat.

Baca juga : Bantu Tingkatkan Promosi Produk UMKM, Dosen Universitas BSI Berikan Pelatihan

“Kegiatan ini sungguh bermanfaat sekali sehingga saya dan teman-teman semakin memahami dan dapat mempraktekkan pengisian SPT Tahunan Pajak Penghasilan pada Maret Tahun 2023,” tutupnya. (LAG) 

Leave A Reply

Your email address will not be published.